Jakarta (ANTARA News) - Tiga pewarta foto ANTARA menerima lima penghargaan foto jurnalistik terbaik di ajang Anugerah Adiwarta Sampoerna (AAS) 2010 yang digelar di Jakarta, Kamis malam. Mereka adalah Fanny Octavianus, Prasetyo Utomo dan Yudhi Mahatma.

Foto karya Fanny Octavianus berjudul "Hutan Sumatera" yang menampilkan gambar hutan gundul di Sumatera meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu sebagai "Foto Terbaik Bidang Lingkungan" dan "Foto Terbaik Tahun Ini".

Prasetyo Utomo juga meraih dua penghargaan, yaitu "Foto Terbaik Bidang Olahraga" untuk karyanya yang berjudul "Suporter Masuk Lapangan" dan "Foto Terbaik Bidang Ekonomi dan Bisnis" untuk karyanya yang diberi judul "Perpisahan Sri Mulyani".

Yudhi Mahatma yang merekam peristiwa penggusuran makam Mbah Priok mendapatkan penghargaan "Foto Terbaik Bidang Sosial".

Anugerah Adiwarta Sampoerna (AAS) adalah kompetisi karya jurnalistik yang disponsori oleh PT HM Sampoerna Tbk dan digelar setiap tahun sejak tahun 2006. Kompetisi ini melombakan karya-karya jurnalistik dari media cetak/online dan media televisi. Khusus untuk tahun 2010, AAS memberikan penghargaan khusus "Foto Terbaik Tahun Ini" dan "Anugerah Herawati Diah" kepada jurnalis perempuan berbakat.

Selain ketiga pewarta foto, ANTARA berhasil mengirim dua finalis di ajang AAS 2010. Mereka adalah Rosa Panggabean dengan karya fotonya berjudul "Intip Fasilitas" dan Masuki M. Astro dengan karya jurnalistiknya berjudul "Harmoni Hindu-Islam Dalam Belanga Toleransi".
(AS/B010)

Pewarta: Bambang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010