Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memperbaiki lima titik jalan evakuasi yang bisa dilewati oleh masyarakat di daerah itu ketika terjadi gempa bumi disusul dengan tsunami.

Bupati Kabupaten Mukomuko, Ichwan Yunus, Sabtu, mengatakan bahwa akan memperbaiki kerusakan beberapa ruas jalan evakuasi bencana, agar mudah dilewati masyarakat saat terjadi bencana tsunami di daerah itu.

"Beberapa ruas jalan yang digunakan untuk jalur evakuasi bencana tsunami di daerah ini seperti jalan Desa Tanah Rekah Menuju SP 4, Jalan Pondok Batu menuju SP 3, SP 8, SP 9, dan SP 10," ungkapnya.

Menurut dia, ruas jalan evakuasi yang sudah diperbaiki seperti penghubung Kecamatan Kota Mukomuko menuju SP 6 Desa Kota Praja dari berlumpur menjasi hotmix.

"Beberapa ruas jalan lainnya akan kita upayakan untuk diperbaiki supaya masyarakat bisa terbantu," katanya.

Ia mengatakan bahwa daerah yang paling sulit ketika terjadi bencana adalah pusat ibukota Kabupaten Mukomuko karena berada dekat dengan pantai.

"Seperti Kecamatan Ipuh kita tidak perlu khawatir lagi karena daerahnya sangat tinggi, sedangkan kecamatan kota mukomuko ini w1layahnya sangat rendah sehingga perlu dipikirkan bagaimana mengatasi bila terjadi bencana," urainya.

Sementara itu beberapa titik jalan evakuasi kondisinya sudah mulai banyak yang rusak seperti di Desa Pondok Batu sehingga butuh pembangunan.

"Pada 2011 pemerintah akan memperjuangkan anggaran untuk memperbaiki kerusakan ruas jalan itu, sehingga mudah dilalui oleh masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, perbaikan jalan evakuasi bukan hanya untuk mengantisipasi bencana saja tetapi merupakan program pemerintah untuk memperlancar transporasi darat agar mudah dilalui oleh masyarakat setempat yang ingin membawa hasil pertanian keluar daerah.
(T.ANT-149/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010