Gunung Kidul (ANTARA News) - Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Cabang Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar pertunjukan wayang kulit sebagai tradisi "ruwat bumi" yang bertepatan dengan malam pergantian tahun dari 2010 ke 2011 di Wonosari, Gunung Kidul.

"Tujuannya untuk keselamatan seluruh warga kabupaten ini, termasuk agar terhindar dari segala bencana," kata Ketua Cabang Gunung Kidul Heri Sadewo di Wonosari, Senin.

Ia mengatakan dua dalang akan tampil sekaligus dalam "ruwat bumi" tersebut, yaitu Sakiyo dan Agus Prabowo yang keduanya adalah kepala desa.

Sakiyo Kepala Desa Wareng Kecamatan Wonosari, sedangkan Agus Prabowo Kepala Desa Natah Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul.

"Kami sudah merencanakan pertunjukan wayang kulit ini sejak lama, dan mengurus semua perizinan, serta mengundang para pejabat Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul untuk menyaksikannya," katanya.

Heri mengatakan pergelaran wayang kulit tersebut juga ntuk melestarikan kesenian tradisional.

"Wayang dalam alur ceritanya selain memberikan tontonan, juga memberikan tuntunan, sehingga kesenian ini perlu dilestarikan, jangan sampai punah," katanya.(*)

ANT/M008/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010