Denpasar (ANTARA News) - "Stage Corner Community", dari Jakarta Pusat, terpilih menjadi grup terbaik dalam ajang Festival Teater Jakarta (FTJ) 2010.

Siaran pers panitia FTJ 2010 yang diterima ANTARA di Denpasar, Selasa, menyebutkan, pada festival yang digelar sejak 17 hingga 24 Desember itu dewan juri juga memilih Teater Amoeba (Jakarta Barat) sebagai grup favorit.

Teater Legiun (Jakarta Barat) menjadi grup dipujikan, Dadang Badote ("Stage Corner Community") menjadi sutradara terbaik, Joind Bayuwinada (Teater Amoeba) menjadi pemeran utama pria terbaik, sedangkan pemeran utama wanita terbaik adalah Lina Eren (Teater Mode).

Untuk pemeran pembantu pria terbaik terpilih Luthfi Aziz (Teater Amoeba), pemeran pembantu wanita terbaik adalah Sintya Syakraw ("Stage Corner Community") dan penata artistik terbaik jatuh pada Kade Stageart ("Stage Corner Community").

Penata musik terbaik adalah Dhidiet ("Stage Corner Community") dan penghargaan khusus untuk naskah drama asli yang dimainkan dalam FTJ 2010.

Festival yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Jakarta itu diikuti 16 kelompok teater finalis. Festival itu dinilai oleh dewan juri Putu Wijaya (ketua) dengan anggota N Riantiarno, Ratna Sarumpaet, Dindon WS dan Franky Raden.

Ketua Panitia FTJ 2010 Ags Arya Dipayana mengatakan, FTJ telah menjadi barometer perkembangan perteateran di Kota Jakarta.

"Karena peserta FTJ adalah kelompok-kelompok teater komunitas di Jakarta yang terorganisasi dalam lima asosiasi perteateran wilayah," katanya.

Saat ini FTJ telah digelar untuk ke-38 kalinya. Festival yang diprakarsai oleh almarhum Wahyu Sihombing itu dulunya didukung oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan almarhum Ali Sadikin selaku Gubernur Jakarta.(*)
(T.M026/F002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010