Teheran (ANTARA News) - Iran telah mengeksekusi delapan penyelundup obat bius dan empat penculik dalam sepekan terakhir, media negara melaporkan, Sabtu.

Para penyelundup itu dieksekusi di kota Qom di Iran tengah. Mostafa Barzegar Ganji, kata pejabat pengadilan kota itu pada kantor berita resmi IRNA. 16 pedagang gelap narkotika yang lain juga sedang menunggu digantung di tempat itu.

"Mereka akan segera digantung jika pemerintah tidak memaafkan mereka," ujarnya.

Para penculik dihukum mati pada Sabtu di penjara Zahedan di provinsi Sistan-Baluchistan di perbatasan yang bergolak, kantor berita setengah resmi Fars melaporkan.

"Orang-orang itu telah menculik warga-warga yang tak bersalah , dan setelah menerima uang dari keluarga mereka (yang diculik) mereka masih membunuh beberapa korban mereka," kata penuntut provinsi Ebrahim Hamidi seperti dikutip oleh Fars.

Iran adalah rute transit penting bagi narkotika yang diselundupkan dari tetangganya Afghanistan, yang menghasilkan lebih dari 90 persen dari pasokan candu dunia. Lebih dari 3.500 personil keamanan Iran tewas saat memerangi para penyelundup obat bius sejak revolusi Islam 1979 di Iran.
(S008/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011