Jakarta (ANTARA News) - Arnold Schwarzenegger akan meninggalkan kantornya Senin waktu AS atau Selasa pagi WIB esok untuk mengakhiri tujuh tahun masa kegubernurannya di California yang telah membelah tajam opini publik di negara bagian itu.

Penggantinya, Jerry Brown, dari Partai Demokrat yang juga gubernur negara bagian itu dari 1975 sampai 1983, akan disumpah di tengah ketidakpastian mengenai apa yang akan dilakukan si mantan aktor Hollywood dan binaragawan tersebut nantinya.

Menangani negara bagian yang sedang dilanda krisis di bawah slogan "kegagalan itu bukan opsi", Schwarzenegger (63) meninggakan jabatannya dengan tingkat popularitas hanya 22 persen dan defisit anggaran yang berlipat tiga menjadi 28 miliar dolar AS.

Keputusannya untuk fokus memerangi perubahan iklim dikritik lawan-lawan politiknya dan para komentator yang menilai dia seharusnya memprioritaskan masalah perekonomian negara bagian yang adalah kekuatan ekonomi kedelapan terbesar di dunia.

Kelengserannya yang terjadi di tengah kekhawatiran bahwa California akan bangkrut, disambut sinis oleh media massa AS lewat headline-headline seperti "Hasta La Vista, Failure" (Selamat Tinggal Kegagalan).

Namun patut diingat bahwa Schwarzenegger bersemangat sekali dalam mengupayakan pengurangan pemanasan global dan mungkin mengambil peran setingkat dengan mantan wakil presiden AS Al Gore. (*)

telegraph/jafar

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011