Bondowoso (ANTARA News) - Angin puting beliung merusak sebanyak 546 rumah di Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Abdurrahman, Kamis mengatakan, angin puting beliung melanda empat desa di Kecamatan Pakem yakni Desa Kupang, Andongsari, Gadingsari, dan Petung.

"Angin puting beliung melanda empat desa di Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso pada Rabu (12/1) sore, dan merusak ratusan rumah di desa setempat," katanya

Jumlah rumah rusak yang sudah didata oleh petugas BPBD Bondowoso tercatat sebanyak 546 rumah, dengan rincian rusak berat sebanyak 92 rumah, rusak sedang sebanyak 263 rumah, dan rusak ringan sebanyak 191 rumah.

"Kami masih melakukan pendataan di lapangan, sehingga kemungkinan jumlah rumah rusak akibat angin puting beliung bertambah," katanya, menjelaskan.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa akibat bencana alam angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Pakem.

"Hanya tiga orang mengalami luka ringan akibat tertimpa rumah yang roboh, namun mereka sudah mendapat perawatan medis di puskesmas setempat," paparnya.

Selain ratusan rumah rusak, kata dia, angin puting beliung juga menyebabkan ratusan pohon di sejumlah desa di Kecamatan Pakem tumbang, sehingga petugas membersihkan jalan menuju lokasi bencana angin puting beliung.

Ia menjelaskan, BPBD Bondowoso sudah mendistribusikan makanan untuk korban angin puting beliung di empat desa sejak Rabu (12/1) malam.

"Hari ini, kami mendistribusikan beras sebanyak 2,5 ton kepada korban angin puting beliung," katanya menambahkan.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011