Palembang (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengakui tidak diundang oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghadiri kongres yang diselenggarakan di Bali, pada 21-23 Januari 2011.

"Saya tidak tahu dan tidak diundang oleh PSSI yang mengadakan kongres, justru saya mengetahui dari media massa dan internet," kata Menpora Andi kepada pers, di Palembang, Jumat.

Hal tersebut dikatakan usai dirinya mendampingi Wapres Boediono dan sejumlah menteri meninjau mengelilingi kompleks Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, yang akan digunakan untuk SEA Games ke-26.

Idealnya, kata Andi, setiap cabang olahraga yang akan mengadakan kongres memberitahukan ke Menpora, demikian juga hasil kongres harus dilaporkan.

"Saya sendiri juga perlu tahu apa yang menjadi kegiatan di kongres itu," kata Menteri.

Terkait sulitnya media memperoleh akses untuk peliputan kongres PSSI di Bali, Andi berharap bahwa hal itu tidak perlu terjadi dan pihak penyelenggara sebaiknya membuka kesempatan bagi wartawan.

Dia mengatakan, sepak bola adalah olahraga masyarakat dan sudah menjadi milik masyarakat serta populer di Indonesia, sehingga masyarakat berhak mengetahui apa yang terjadi dalam kongres itu.

Menteri memberi contoh, sejumlah cabang olahraga saja jika akan mengadakan kongres pasti mengundang wartawan, bahkan untuk beberapa cabang olahraga yang kurang populer kadang kesulitan mengundang wartawan untuk meliput.

"Jadi sebaiknya akses pemberitaan terbuka karena masyarakat berhak untuk mengetahui," katanya.

Terkait dengan tertutupnya kongres bagi masyarakat, Andi mengatakan sekali lagi bahwa sebaiknya akses pemberitaan bagi wartawan dibuka.(*)
(T.A025/I007/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011