Jakarta, 24/3 (ANTARA) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE  menyematkan Satyalencana Kebudayaan 2010 dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada delapan orang budayawan dan seniman yang berjasa dalam mengembangkan dan melestarikan kebudayaan dan seni Indonesia.

     "Ini merupakan anugerah tertinggi di bidang kebudayaan yang diberikan oleh Presiden," kata Menbudpar Jero Wacik pada acara pemberian anugerah Satyalancana Kebudayaan 2010 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ),  Rabu (23/3). Acara tersebut diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Musik Indonesia 2011.  

     Menbudpar Jero Wacik juga memberikan penghargaan kepada tiga orang penerima Anugerah kebudayaan 2011 untuk kategori hadiah seni.  Pada acara 'Untukmu Sahabat Elfa Secioria' yang bertemakan 'Musik Sebagai Sarana Pembentukan Karakter dan Jatidiri Bangsa',  PAPPRI memberikan penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) kepada tujuh orang yang berjasa dalam bidang musik, di antaranya Elfa Secioria (alm).

     Menbudpar Jero Wacik mengatakan, hidup tanpa musik akan terasa hampa. Musik menjadi sarana yang ampuh dalam membangun karakter bangsa. "Musik mendorong kita mencitai tanah air," katanya.  

     Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.38 Tahun 1959 tentang pemberian Anugerah Satyalancana Kebudayaan, Presiden RI memberikan penghargaan kebudayaan kepada masyarakat yang memiliki jasa besar di bidang kebudayaan yang telah mampu melestarikan kebudayaan daerah atau nasional serta hasil karyanya berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

     Sementara dalam Keputusan Presiden RI No. 23 Tahun 1976, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata memberikan penghargaan Hadiah Seni kepada masyarakat yang telah berjasa dan menunjukkan prestasi luar biasa dalam meningkatkan dan mengembangkan seni budaya bangsa Indonesia. Anugerah Kebudayaan merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada individu dan kelompok masyarakat agar terdorong dan lebih peduli terhadap upaya pelestarian kebudayaan Indonesia.

     Delapan orang penerima tanda kehormatan Satya Lancana Kebudayaan tahun 2010 adalah Prof.Drs.Darmanto Jatman, SU, Koestono Koewoyo (alm), Dewi (alm), Hj.Siti Maryam Salahuddin, SH, Prof.Drs. Jacob Sumardjo, Iwan Fals, Emha Ainun Najib, dan Prof.Dr.Abdul Hadi W.M. Sementara tiga orang penerima Anugerah Kebudayaan 2011 adalah Elfa Secioria (alm), DR.Sundari Soekotjo, MM, dan I Gusti Putu Gede Wedhasmara, sedangkan tujuh orang penerima penghargaan NBMI PAPPRI adalah Elfa Secioria, Dr.H.Anton Issoedibyo, Dwiki Dharmawan, Guruh Soekarno Putra, Harvey Malaiholo, The Rolies Band, dan Agnes Monica.

     Hadir dalam acara penyematan Anugerah Kebudayaan  antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Wakil Ketua Komisi X DPR-RI Rully Chairul Azwar, dan sejumlah budayawan.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011