Sementara air masuk hanya sebatas mata kaki dan hanya di lorong pintu masuk Rutan Gedung C1 KPK lama
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyiapkan tempat evakuasi untuk para tahanan di Rutan Cabang KPK di gedung KPK lama, Kuningan, Jakarta Selatan yang terdampak akibat banjir yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam hingga Selasa (25/2) pagi.

"Sementara air masuk hanya sebatas mata kaki dan hanya di lorong pintu masuk Rutan Gedung C1 KPK lama," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan sampai saat ini para tahanan tersebut belum dievakuasi.

Baca juga: Hujan sudah reda, jalan kawasan Pasar Baru Jakarta masih terendam

"Evakuasi tahanan akan melihat situasi ke depan. Jika nanti evakuasi tahanan akan dipindah ke lantai 9 gedung C1," ucap Ali.

Sebelumnya, akibat banjir awal Januari 2020 enam tahanan yang berada di Rutan Cabang KPK di gedung KPK lama, sempat akan dievakuasi.

"Sekitar pukul 07.00 WIB, (banjirnya) setinggi lutut. Ada enam tahanan kemarin dipindah ke lobi (gedung) dan rencana mau evakuasi, namun jam 18.00 WIB sudah kondusif," ucap Ali di Jakarta, Kamis (2/1).

Baca juga: Asosiasi: 20.000 truk ekspedisi barang di Jakarta lumpuh akibat banjir

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau ada dua siklon tropis, yaitu siklon tropis Esther dan Ferdinand, yang menyebabkan hujan deras di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Salah satu penyebab hujan dengan intensitas tinggi di DKI Jakarta dan sejumlah wilayah lainnya karena dampak adanya siklon tropis," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab.

Baca juga: 30 jalan di Jakarta Timur terendam banjir

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020