Jakarta (ANTARA News) - Bintang-bintang basket Klub Surabaya Samator mendominasi susunan tim all-star putra Spirit  yang akan berlaga dalam all-star Sampoerna Hijau Voli Proliga 2009 di Jakarta, hari Minggu (15/2) mendatang.

Dari 12 pemain Tim Putra Spirit, enam di antaranya adalah pemain klub juara putaran pertama Proliga, Surabaya Samator, yakni Didi Irwadi, Fadlan Abdul Karim, Adam, Affan Priyo Wicaksono, Joni Sugiyatno, dan Ngo Vanh Kieu, sebut siaran pers PP PBVSI, Selasa.

"Penentuan pemain yang masuk all-star antara lain didasarkan dari pilihan pemain, pelatih dan wartawan," ujar Humas PP PBVSI, B Wijayaka.

Ia mengatakan, sudah menjadi kesepakatan dalam Proliga bahwa tim yang pemainnya terpilih untuk tampil pada laga bintang harus mengijinkan mereka berlaga. "Kalau tidak akan dikenai sanksi, kecuali jika pemainnya sakit," katanya.

Enam pemain lainnya yang akan memperkuat Tim Putra Spirit adalah Arianto, M Khasoni Mufid dan M Agung Seganti (Jember Pemkab Indomaret), Ramli Huda Antho Bertiyawan, dan M Zaenudin (Bantul Yuso Tomkins).

Mereka akan dipimpin pelatih Samator asal China, Li Qiujiang untuk melawan tim Putra Dinamis yang diperkuat lima pemain tim debutan Palembang Bank Sumsel di antaranya tiga pemain asing yakni, Davin St Pierre (Kanada), Vinicius "Chico" (Brazil), dan Win Tun Oo (Myanmar).

Dua pemain Bank Sumsel lainnya yang memperkuat Putra Dinamis adalah Andri dan Koko Prasetyo.

Tim yang akan dipimpin pelatih Jefrry Walandouw (Jakarta Sananta) itu juga diperkuat empat pemain Jakarta Sananta yakni Erwin Rusni, Usep Suparman, M Riviansyah dan Nick Scheftie, ditambah Loudryans Maspaitella dan Sopian dari Jakarta BNI Taplus.

Enam pemain Surabaya Bank Jatim juga akan tampil pada all-star putri memperkuat tim Putri Spirit yang dipimpin pelatih Huang Miancheng (Bank Jatim). Mereka adalah Lilien Lindawati, Anna Yohana, Jiang Wei, Maya Kurnia, Rianita Panirwan, dan Liao Ting Ting.

Selain mereka, terdapat Rita Kurniati, Amalia Fajrina, dan Agustin Wulandari dari Jakarta Popsivo Polwan, serta Lailatul Aisyah, Zhang Ge dan Novia Andriyanti dari Gresik Petrokimia juga tampil untuk tim Spirit.

Lawan mereka pada laga para bintang yang digelar di Tenis Indoor Gelora Bung Karno adalah, Putri Dinamis yang terdiri atas, Yulianingsih, Silvy Pangajow, Rosalina Maya, Netty Dyah, dan Berlian Marshella dari Jakarta Electric PLN.

Ditambah Puspita Dewirani, Juliana Escobar, Novriali Yami, dan Dani Mancuso dari Jakarta BNI Taplus, serta Jutharat Montrifilia, Mella Marshelina, dan Fransisca Paulina dari Bogor Prayoga.

Tim yang menjuarai laga bintang tersebut, menurut Wijayaka akan mendapat hadiah uang pembinaan Rp20 juta sedang tim runner-up mendapat Rp10 juta. Sedangkan seluruh pemainnya masing-masing mendapat satu juta rupiah.
(*)