Selasa, 29 Juli 2014

Aktris Natasha Richardson Meninggal Karena Kecelakaan Ski

Kamis, 19 Maret 2009 09:37 WIB | 4.023 Views
Los Angeles (ANTARA News/Reuters) - Aktris peraih Award Natasha Richardson, anggota dinasti pesohor Redgrave di Inggris, meninggal Rabu, dalam usia 45 tahun, setelah menderita gegar otak parah dalam kecelakaan ski di Kanada awal pekan ini.

Natasha telah dirawat di rumah sakit di New York, AS, sejak Selasa, dan didampingi oleh suaminya, aktor Liam Neeson, kedua putranya --Michael (13) dan Daniel Jack (12)-- dan anggota keluarga dekatnya termasuk ibunya, aktris Vanezza Redgrave.

"Liam Neeson, kedua putranya, dan seluruh anggota keluarga terkejut dan berduka oleh kematian tragis orang yang sangat mereka cintai, Natasha. Mereka sangat berterimakasih atas dukungan, cinta dan doa semua orang, dan meminta ketenangan pribadi mereka tak diganggu selama masa yang sangat sulit ini," kata juru bicara keluarga Natasha, Alan Nierob.

Natasha mengikuti jejak ibunya, peraih Oscar, dan ayahnya, mendiang sutradara film Tony Richardson, ke dunia karir panggung dan layar lebar di Inggris serta Amerika Serikat. Ia meraih Tony Award, Broadway, dalam kebangkitan film musikal 1998 "Cabaret".

Natasha mengalami cedera Senin ketika jatuh di lereng pendahulu selama mengikuti pelajaran ski privat di tempat pelancongan Gunung Trembant, sekitar 120 kilometer di sebelah utara Montreal.

Juru bicara tempat pelancongan mengatakan Natasha kelihatan baik-baik saja setelah jatuh, tapi instrukturnya memanggil patroli ski untuk membawa dia ke bawah bukit.

Sekitar satu jam kemudian, Natasha mengeluh kepalanya sangat sakit dan dibawa ke rumah sakit setempat sebelum akhirnya dipindahkan ke rumah sakit Montreal, tempat ia didiagnosis menderita trauma otak parah.

Pada Selasa petang bersama Neeson di sisinya, ia diterbangkan ke New York dan dirawat di Lenox Hill Hospital, tempat keluarganya segera mendampinginya saat-saat terakhir hidupnya.

Natasha dilahirkan di London pada Mei 1963, dan menimba ilmu peran di Central School of Speech and Drama, yang berreputasi tinggi di kota itu.

Ia mungkin lebih dikenal di seluruh dunia karena perannya sebagai ibu artis belia Lindsay Lohan dalam film yang dibuat ulang pada 1998 "The Parent Trap" dan atas perannya dalam komedi romantis Jennifer Lopez "Maid in Manhattan".

Tetapi yang paling utama, Natasha adalah aktris panggung, baik di West End, London, maupun di Broadway, New York.

Ia meraih penghargaan pendatang baru paling berbakat pada 1986 untuk penampilanya dalam film buatan London "The Seagull" dan belakangan meraih Tony sebagai penyanyi Sally Bowles di dalam "Cabaret".

Pemilih Tony Award juga mencalonkan Natasha untuk debutnya di Broadway pada 1993 dalam karya Eugene O`Neill "Anna Christie".

Ia bersaing dengan tantenya, Lynn Redgrave, untuk meraih penghargaan aktris terbaik, tapi keduanya kalah dari Madeline Kahn.

Natasha juga mengukir karis televisi dengan tampil dalam produksi BBC karya Henrik Ibsen, "Ghosts", dan dalam mini-seri CBS "Haven".

Peran terakhirnya dalam film ialah sebagai wanita kepala sekolah asrama ketat Inggris dalam komedia remaja 2008 "Wild Child".

Natasha main bareng dengan Neeson (56) pada 1994 dalam drama Jodie Foster "Nell".  Pasangan ini kemudian menikah pada Juli 1994 dan memiliki dua putra, Michael serta Daniel Jack.

Pernikahan pertamanya dengan pembuat film Robert Fox berakhir dalam dua tahun. (*)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2009

Komentar Pembaca
Baca Juga