Musi Rawas, Sumsel (ANTARA News) - Perkembangan harga karet di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, dalam sepekan belakangan mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding sebelumnya.

Untuk harga karet alam jenis harian saat ini Rp5.200 sampai Rp5.600/kg, naik dibandingkan dengan sebelumnya hanya berada di kisaran Rp4.800/kg. Sedangkan harga karet bulanan saat ini naik dari Rp5.600/kg menjadi Rp6.000/kg.

"Paska pemilu legislatif harga karet mengalami kenaikan, jika dibandingkan dengan harga sebelumnya," ujar Markus, salah seorang pemilik pool penampungan karet rakyat yang ada di Kecamatan Muara Beliti, Kamis.

Dikatakan dia, adanya kenaikan harga karet tersebut membuat petani karet yang ada didaerah itu mulai bergairah, dimana sebelumnya banyak petani karet yang menunda penjualan karet menunggu membaiknya harga di pasaran. Dalam setiap hari, Markus mengaku mampu mengumpulkan hingga 10 ton per hari, meningkat dibandingkan sepekan sebelumnya hanya terkumpul 3-4 ton per harinya.

"Kemungkinan beberapa hari ke depan akan lebih banyak lagi petani yang akan menjual hasil kebun mereka, karena harga saat ini berkemungkinan untuk naik lagi sulit," katanya.

Sementara itu, Darul (54) warga Kelurahan Pasar Muara Beliti saat ditemui mengaku sangat bersyukur dengan adanya kenaikan harga tersebut. Karena sebelumnya harga karet terpuruk di kisaran terendah terhitung setelah hari raya Idul Fitri tahun lalu.

"Kalau dulu sampai Rp13.000 per kg, kemudian jatuh di harga terendah sampai Rp2.800/kg. Syukurlah harga karet saat ini sudah seimbang dengan harga beras," akunya, seraya berharap perkembangan harga komoditas tersebut akan lebih baik lagi sehingga mereka akan menggairahkan kalangan petani yang ada didaerah itu.(*)