Kamis, 2 Oktober 2014

Alonso Bergabung Ferrari Selama Tiga Tahun

Rabu, 30 September 2009 23:12 WIB | 2.550 Views
Fernando Alonso (reuters.com)
Roma (ANTARA News/AFP) - Juara dunia dua kali Formula Satu Fernando Alonso dari Spanyol bergabung dengan Ferrari selama tiga tahun, kata tim Grand Prix Italia itu, hari Rabu.

Persetujuan itu meliputi tiga musim balapan mulai tahun 2010, kata Ferrari dalam sebuah pernyataan.

Alonso (28) akan berdampingan dengan Felipe Massa, pembalap asal dari Brasil, dengan Giancarlo Fisichella berperan sebagai pembalap cadangan.

Pembalap Finlandia, Kimi Raikkonen, yang menjadi juara dunia tahun 2007, akan meninggalkan Scuderia pada akhir musim sekarang ini.

"Kami sangat bangga untuk menyambut pembalap juara lainnya tim kami, yang telah menunjukkan bakatnya yang mengagumkan dengan menjadi juara dunia dua kali dalam karirnya hingga kini," kata Bos Ferrari, Stefano Domenicali.

"Sudah tentu, kami ingin menyatakan terima kasih pada Kimi atas segala yang ia lakukan selama bersama Ferrari: tahun pertamanya bersama kami, ia meraih gelar juara dunia pembalap, dengan demikian memberikan sumbangannya pada sejarah Ferrari dan ia memainkan peranan penting saat kami meraih gelar Konstruktor di tahun 2007 dan 2008.

"Bahkan pada saat musim yang sulit seperti musim ini, ia menunjukkan bakat hebatnya, termasuk kemenangan hebat di Spa dan kami yakin bahwa kita dapat menikmati masa-masa yang lebih baik secara bersama di tiga balapan terakhir musim ini."

Pernyataan tersebut tidak mengungkapkan nilai perjanjian tiga tahun tersebut, meskipun media melaporkan bahwa gaji Fernando Alonso sekitar 25 juta euro (36 juta dolar AS) semusim.

Setelah menjadi juara dunia bersama Renault tahun 2005 dan 2006, Alonso melalui masa tidak menyenangkan selama setahun bersama McLaren, sebelum kembali ke konstruktor Prancis, Renault, tahun lalu.

Spekulasi menyebar di kalangan Formula Satu bahwa setelah Alonso pindah ke Ferrari, Kimi Raikkonen akan pindah ke McLaren.

Renault diduga akan menegaskan bahwa pembalap Polandia, Robert Kubica akan memimpin timnya di tahun 2010.

Raikkonen mengakui bahwa ia merasa sedih meninggalkan Ferrari.

"Dengan saling pengertian, kami sepakat untuk menghentikan kontrak yang mengikat saya dengan Ferrari hingga akhir 2010, setahun lebih awal dari yang dijadwalkan," katanya dalam pernyataan Ferrari.

"Saya merasa sedih meninggalkan suatu tim , setelah saya melalui masa tiga tahun yang fantasis dan selama itu saya banyak memenangi balapan.

"Secara bersama, kami memenangi 50 persen gelar dunia selama periode itu dan saya menjadi juara dunia pembalap di tahun 2007, dengan demikian mencapai target yang saya tetapkan sendiri pada awal karir saya.

"Saya selalu merasa di rumah sendiri dengan siapa pun di sini dan saya akan mempunyai banyak kenangan yang menyenangkan selama bersama tim tersebut," katanya.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2009

Komentar Pembaca
Baca Juga