Kendari (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Express Air resmi melayani penerbangan Jakarata-Makassar-Wakatobi melalui Bandar Udara Betoambara Kota Baubau setiap hari kecuali hari Minggu.

Bupati Wakatobi, Hugua di Kendari, Senin mengatakan pesawat Express Air dengan jenis Dornier 328 TP dengan kapasitas tempat duduk 30 orang itu resmi melayani penumpang sejka Sabtu (26/12) dengan harga promo.

"Harga tiket hingga tanggal 31 Desember 2009 dari Kendari-Wakatobi hanya dijual Rp300.000 per orang atau turun sekitar 60-70 persen diabanding dengan harga resminya setelah Januari 2010 nanti yang dijual antara Rp600.000-Rp700.000 per orang," katanya.

Tarif promosi penumpang dari dan ke Kota Baubau-Wakatobi, yang hanya ditempuh 20-25 menit, saat ini antara Rp100.000 - Rp150.000 dan setelah tahun baru nanti tarif resmi mencapai Rp300.000 per orang.

"Pihak maskapai Express Air menjual tiket promo itu dalam rangka memberi kesempatan pertama bagi masyarakat Wakatobi dan warga Sulawesi Tenggara pada umumnya yang akan melakukan kunjungan keluarga maupun wisata menyelam di daerah ini," katanya.

Menurut bupati, kehadiran pesawat Express Air tersebut membuktikan bahwa masyarakat Wakatobi yang ingin bepergian keluar daerah khususnya ke Jakarta maupun kota-kota lain di Tanah Air bahkan ke luar negeri hanya bisa ditempu beberapa jam sudah bisa tiba di tujuan.

Bbagi penumpang dari Jakarta yang hendak ke Wakatobi, hanya memakan waktu 5-6 jam sudah bisa menikmati keindahan wisata pantai yang terkenal dengan nama "segi tiga karang dunia" itu.

"Penumpang dari Jakarta, Surabaya, Bali dan Medan serta kota-kota lain di Indonesia yang ingin berlibur dan bertamasya di pantai Wakatobi, perusahaan Maskapai Express Air menyiapkan pesawat Boeing 737 seri 200, 300 dan seri 500 yang transit di Makassar kemudian menggunakan pesawat Dornier ke Wakatobi," katanya.

Hugua mengatakan, Bandara Matahora Wakatobi sejak diresmikan Menteri Perhubungan tujuh bulan lalu, sudah rutin didarati Pesawat Susi Air berkapasitas 12 tempat duduk dengan rute Kendari - Wakatobi - Baubau atau sebaliknya.

Bupati mengemukakan, kebutuhan masyarakat yang terus meningkat terhadap jasa transportasi itu mendorong pemerintah Kabupaten Wakatobi mengajak Maskapai Penerbangan Express Air untuk melayani rute tersebut.

"Selama ini Pesawat Susi Air yang dengan kapasitas 12 tempat duduk melayani penerbangan Kendari-Wakatobi-Baubau dan sebaliknya, dengan tiga kali penerbangan dalam satu minggu," katanya.

Pesawat Susi Air mulai Januari 2010, diperkirakan sudah tidak diperpanjang lagi masa kontraknya dengan alasan kapasitas penumpang yang sangat terbatas dan sewa kontrak kerjasama dengan Pemkab Wakatobi jauh lebih mahal dibanding dengan pesawat Express Air.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009