Manado (ANTARA News) - Sulawesi Utara (Sulut) siap menjadi pintu gerbang ekonomi Asia Pasifik, karena dukungan berbagai keunggulan sumber daya alam, geografis dan pembangunanya, kata Gubernur Sulut SH Sarundajang, di Manado, Selasa.

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah merespon Sulut sebagai pintu gerbang Asia Pasifik dengan mencanangkan lima hingga 10 tahun ke depan," katanya.

Beberapa keunggulan itu diantaranya adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pengembangan pelabuhan laut internasional di Kota Bitung serta bandara internasional Sam Ratulangi Manado.

"Infrastruktur pendukung di Sulut terus dikembangkan, karena pemerintah pusat prinsipnya mendukung Sulut sebagai pintu gerbang ekonomi Asia Pasifik," katanya.

Indikator lain dari kemajuan ekonomi, yakni kinerja ekonomi selang lima tahun terakhir cukup mengembirakan, seperti laju pertumbunan ekonomi naik menjadi 8,3 persen pada tahun 2009 dari sebelumnya 4,9 persen tahun 2004 lalu, inflasi ditekan sampai 1,9 persen.

Kemudian, tingkat pengangguran turun dari 14,8 persen tahun 2004 menjadi 10,63 persen tahun 2009, serta nilai investasi naik menjadi Rp7,46 triliun tahun 2009 dari sebelumnya hanya Rp3,13 triliun tahun 2004. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009