Jumat, 20 Oktober 2017

Laos Sampaikan Dukacita Atas Meninggalnya Gus Dur

| 3.868 Views
Laos Sampaikan Dukacita Atas Meninggalnya Gus Dur
Menteri Luar Negeri RI Marty M Natalegawa saat diterima Presiden Laos Choummaly Sayasone pada kunjungan perkenalan ke negara itu 10-11 Januari 2009. (Kemlu RI)
Jakarta (ANTARANews) - Presiden Laos Choummaly Sayasone menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid yang telah dianggap sebagai sahabat oleh masyarakat Laos.

Ucapan dukacita tersebut disampaikan secara langsung kepada Menteri Luar Negeri Marty M Natalegawa saat melakukan kunjungan resmi selama dua hari pada 10 hingga 11 Januari lalu ke negara tersebut.

Siaran pers Kementrian Luar Negeri di Jakarta, Rabu, menyebutkan dalam kunjungan ini, Menteri Luar Negeri RI juga telah membahas berbagai upaya untuk meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara di berbagai bidang, termasuk politik, keamanan, perdagangan dan pertanian.

Dalam kaitan ini, kedua belah pihak memandang perlu ditingkatkannya saling kunjung di antara pejabat pemerintah kedua negara, kalangan bisnis, dan masyarakat pada umumnya.

Sehubungan dengan hal tersebut RI dan Laos sepakat untuk segera menyelesaikan perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor biasa kedua negara, dan menjajaki kemungkinan dibukanya rute penerbangan langsung Jakarta-Vientiane.

Guna membahas lebih lanjut hal-hal tersebut Menlu RI menyampaikan undangan kepada Deputi PM/Menlu Laos untuk menghadiri Joint Commission on Bilateral Cooperation Indonesia-Laos ke-3 yang direncanakan akan diselenggarakan tahun 2010 di Yogyakarta.

Menlu RI juga menyampaikan selamat atas keberhasilan Laos dalam menyelenggarakan SEA Games XXV pada tanggal 9-18 Desember 2009. Atas ucapan selamat tersebut, baik Presiden Choummaly Sayasone dan DPM/Menlu Thongloun Sisoulith menyampaikan apresiasi atas dukungan Indonesia terhadap perkembangan olahraga di Laos.

Dukungan Indonesia dalam bentuk pengiriman pelatih pencak silat ke Laos telah membuahkan hasil dengan keberhasilan Laos meraih medali dalam SEA Games. Laos juga menyampaikan selamat dan dukungannya kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah SEA Games XXVI pada tahun 2011.

Setelah melakukan kunjungan resmi ke Laos, Menteri Luar Negeri RI melanjutkan perjalanan dengan Deputi PM/Menlu Laos menuju Savannaketh Province untuk bergabung bersama Menlu ASEAN lainnya dalam perjalanan darat menuju Da Nang, Vietnam untuk kegiatan ASEAN’s Foreign Minister Retreat. (*)

Editor: Bambang

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca