Moskow (ANTARA News/AFP)- Sebuah pesawat tempur Rusia yang baru diproduksi di tengah-tengah kerahasian paling tinggi sebagai bagian satu rencana untuk memordernisasi angkatan bersenjata, Jumat melakukan penerbangan perdananya yang berhasil , kata para pejabat.

Jet generasi ke lima , yang diproduksi perusahaan Sukhoi dan dikenal sebagai PAK FA , melakukan penerbangan hanya 45 menit di pangkalan perusahaan itu Komsomolsk -on-Amur, wilayah Timur Jauh.

"Penerbangan itu berhasil dan berlangsung 47 menit . Semua pekerjaan yang dihadapi dalam penerbangan pertama itu berhasil dilaksanakan ," kata juru bicara Sukhoi, Olga Kayukova kepada kantor berita Interfax.

Televisi pemerintah menayangkan gambar pesawat itu mendarat dalam apa yang disebutnya adalah citra pertama pesawat itu.

Interfax mengatakan jet baru itu memiliki kemampuan melakukan penerbangan jauh di atas kecepatan suara serta dapat menyerang secara serentak target-target yang berbeda.

Rusia kini memulai satu program besar untuk melengkapi kembali militer terutama angkatan udara yang masih menggunakan banyak peralatan era Sovyet dan sering mengalami kecelakaan.

Pesawat tempur baru itu , yang dibangun sejak tahun 1990-an menurut rencana akan memasuki jajaran angkatan bersenjata tahun 2015, kata kantor-kantor berita Rusia.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010