Bogor (ANTARA News) - Tim nasional (timnas) futsal Indonesia menggulung tim Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan skor 15-3 dalam pertandingan uji coba yang digelar di Gymnasium Kampus IPB Darmaga, Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Gol pertama timnas dicetak oleh Indra hanya satu menit setelah peluit tanda pertandingan dimulai berbunyi.

Dalam pertandingan yang disaksikan oleh sekitar 1.000 mahasiswa IPB tersebut, tim arahan pelatih Robby Hartono ini mendapat perlawanan cukup sengit dari tim tuan rumah.

Tim IPB berhasil menyarangkan gol balasan pertama melalui sundulan kepala pemain bernomor punggung 6, Galuh, pada menit ke 29.

Manajer tim IPB, Iyan mengatakan, timnya dipilih menjadi salah satu tim lawan dalam uji coba yang dilakukan timnas futsal Indonesia menjelang babak kualifikasi zona ASEAN Kejuaraan Futsal Asia 2010 di Tenis Indoor Senayan pada 20-25 Februari.

"Tim IPB dinilai penting karena banyak dihuni mantan pemain Mastrans yang sempat eksis di Liga Futsal Nasional," kata Iyan.

Tim futsal IPB, kata dia, masuk dalam Liga Futsal Mahasiswa (Lifuma) DKI Jakarta yang dinilai lebih maju dibandingkan Lifuma Jawa Barat. "Tim IPB pada 2009 menduduki peringkat keenam dalam Lifuma. Tahun sebelumnya kami peringkat lima," katanya.

Sebelumnya, pelatih kepala timnas futsal Indonesia, Robby Hartono mengatakan timnya mengagendakan tiga pertandingan uji coba menjelang tampil di babak kualifikasi.

Rangkaian uji coba terakhir ini juga akan dijadikan arena seleksi untuk penciutan tim dari semula berkekuatan 18 pemain menjadi 14 pemain sesuai peraturan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), katanya.

Timnas futsal Indonesia sudah melakoni lima kali pertandingan uji coba, antara lain dengan mencatat kemenangan 13-1 atas tim My Futsal dan 13-2 atas tim Cosmo.

Tiga tim peringkat teratas dari dua grup yang berlaga di babak kualifikasi zona ASEAN memperoleh promosi untuk bertarung di putaran final Kejuaraan Asia 2010 yang akan digelar di Tashkent, Uzbekistan, 23-30 Mei mendatang, yang diikuti 16 tim. (S022/R009)