Jumat, 24 Oktober 2014

Anggaran Pemilukada Situbondo Dan Banyuwangi Masih Alot

| 1.611 Views
id pemilukada,anggaran,alot
Surabaya (ANTARA News) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengakui pembahasan anggaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2010 di Situbondo dan Banyuwangi hingga kini masih alot di DPRD setempat.

"Dari tiga kota dan 15 kabupaten yang akan menggelar Pemilukada 2010 memang ada dua daerah yang masih alot anggarannya," katanya saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Jatim di Surabaya, Senin malam.

Dalam rakor yang dihadiri anggota Kodim, Polres, Kejari, dan Bakesbanglinmaspol dari 18 kabupaten/kota se-Jatim itu, Gus Ipul yang juga Ketua Kominda Jatim itu menegaskan bahwa 18 kabupaten/kota secara umum sudah siap menggelar pemilukada.

"Secara umum, Pemilukada 2010 pada 18 kabupaten/kota di Jatim sudah siap, tapi memang ada sedikit kendala yakni DPT (daftar pemilih tetap), keberadaan panwas (panitia pengawas) di kabupaten/kota, dan anggaran," katanya.

Didampingi Kepala Bakesbanglinmaspol Jatim Ahmad Jaelani, ia mengatakan pihaknya meminta bantuan anggota Kominda Jatim untuk mendorong penyelesaian kendala yang masih ada, sehingga pilkada pada 18 kabupaten/kota akan berjalan lancar.

"Untuk masalah anggaran, Pak Gubernur (Gubernur Jatim Soekarwo) sudah memerintahkan Asisten I Sekdaprov dan Kepala Bakesbanglinmaspol untuk melakukan pembicaraan dengan DPRD di Situbondo dan Banyuwangi guna menyelesaikan pembahasan anggaran pemilukada setempat," katanya.

Terkait masalah panwas, katanya, gubernur juga akan menyurati Bawaslu untuk segera mengesahkan keanggotaan panwas pada 18 kabupaten/kota di Jatim tersebut, karena pemilukada sudah dekat.

"Untuk masalah DPT, Pak Gubernur akan segera menyurati KPU untuk secepatnya menyelesaikan masalah DPT sebelum pemilukada setempat dimulai," katanya.

Namun, katanya, masyarakat Jatim secara umum sudah terbiasa dengan pemilihan kepala daerah mulai dari pemilihan gubernur sebanyak tiga tahap, pemilu, dan pilpres.

"Saya percaya anggota Kominda pada 18 kabupaten/kota se-Jatim juga sudah berpengalaman, karena itu saya memberi apresiasi terkait kinerja anggota Kominda Jatim. Kominda itu tidak tampak, tidak populer, dan tidak terkenal, namun kinerjanya sangat berpengaruh untuk situasi Jatim yang kondusif," katanya.

Ke-18 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar Pemilukada 2010 adalah Ngawi, Kabupaten Kediri, Lamongan, Gresik, Kota Blitar, Kota Surabaya, Trenggalek, Sumenep, Situbondo, Kabupaten Mojokerto, Ponorogo, Jember, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Sidoarjo, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, dan Pacitan.(E011/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga