Selasa, 2 September 2014

Pasukan Brimob Mulai Tinggalkan Lokasi Pengepungan

Sabtu, 6 Maret 2010 19:17 WIB | 3.201 Views
ilustrasi (ANTARA/Ampelsa)
Aceh Besar (ANTARA News) - Pasukan Brimob Polda Aceh dan dari Markas Brimob Kelapa Dua Depok mulai meninggalkan lokasi pengepungan kelompok bersenjata di Kemukiman Lamkabue Kecamatan Seulimuem Kabupaten Aceh Besar, Sabtu.

Pasukan mulai turun dari lokasi sekitar pukul 14.00 WIB setelah pukul 12.20 WIB oleh beberapa unit ambulans mengevakuasi korban tembak.

Dari pantauan di lapangan, sebanyak sembilan unit truk reo tiba beriringan dari lokasi pengepungan yang berjarak sekitar tiga kilometer dari base mereka di masjid Al Hidayah Lamkabeu.

Satu persatu truk berhenti di depan masjid dan menurunkan pasukan yang wajahnya terlihat lelah. Setelah itu beberapa unit truk reo kembali menjemput pasukan yang masih tersisa di lokasi.

Mereka yang sudah kembali ke base, pasukan tersebut langsung duduk beristirahat di masjid maupun lahan warga yang lapang maupun warung yang tepat berada di depan masjid. Mereka akan dikembalikan ke markasnya di Saree Aceh Besar.

Aparat Brimob itu sudah mengepung kemukiman Lamkabue sejak Selasa (2/3) lalu karena diperkirakan menjadi tempat persembunyian sekitar 20 orang yang diduga anggota kelompok Jalin.

Selama lima hari di kawasan itu, terjadi kontak tembak pada Kamis (4/3) sejak pukul 14.00 WIB hingga berakhir menjelang magrib.

Akibat kontak tembak itu sebelas orang brimob terluka dan dirawat di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), Banda Aceh.

Dari sebelas korban luka tembak yang dirujuk ke RSUZA, lima diantaranya masih mendapat perawatan instensif dan enam lainnya dipindahkan ke Rumah Sakit Bhayangkara, Lamteumen, Kota Banda Aceh.

Korban yang dirawat di RSUZA yakni Azhari (26), Edi Saputra Purba (26), Ahmadi (27) dan Rofiandi (26). Sementara enam lainnya yaitu Ismar (25), Yudi (22), Tarmizi (27), Hamdani (32), Dani Ali (30) dan Fachrurrazi (26), dirawat di rumah sakit Bhayangkara daerah setelah mendapat pertolongan pertama di rumagh sakit umum daerah itu.

Lima korban lainnya baru berhasil dievakuasi pada Sabtu (6/3) siang sekitar pukul 12.20 WIB. Tiga di antaranya adalah dua orang Brimob adalah Bripda Darmansyah dan Bripda Hendrik Kusumo dan seorang anggota Densus 88 Briptu Boas Waosiri.

Dua korban lain yang diduga anggota teroris belum diketahui identitasnya.

Sekitar pukul 17.20 WIB, sebuah ambulans putih dengan karangan bunga di bagian depan dengan dikawal satu mobil polisi meluncur dari Banda Aceh.Diduga ambulans tersebut membawa jenazah Bripda Darmansyah yang berasal dari Geumpang Kabupaten Pidie.(D016/A038)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga