Sabtu, 30 Agustus 2014

Alonso Juarai Grand Prix Bahrain

Minggu, 14 Maret 2010 23:36 WIB | 1.934 Views
Manama (ANTARA News/Reuters) - Fernando Alonso hari Minggu menjuarai Grand Prix Formula Satu Bahrain pembuka musim dan memimpin tim Ferrari untuk menempati posisi pertama dan kedua dalam debut impian dengan tim glamor Italia.

Pembalap Jerman Sebastian Vettel dari tim Red Bull memimpin di 34 putaran dari 49 putaran balapan tersebut, sebelum ia disalip pembalap Spanyol, Alonso, yang meraih kemenangan ke-22 dalam karirnya.

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan pertama juara dunia dua kali tersebut sejak ia menjuarai Grand Prix Jepang 2008 dan ia melambai-lambaikan tangannya dari mobilnya ke sisi lintasan saat mendekati garis finis tanpa ada satu mobil pun yang tampak di belakangnya.

Pembalap asal Brasil, Felipe Massa, berada di urutan kedua, 16 detik di belakang Alonso, setelah sembuh dari cedera kepala yang hampir merenggut jiwanya. Ia menalami cedera tersebut di Hungaria Juli lalu.

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan pertama Ferrari dengan menempati posisi pertama dan kedua sejak kemenangan di Prancis Juni 2008 dan mengakhiri tiga kemenangan beruntun Red Bull bermesin Renault.

Pembalap Inggris, Lewis Hamilton, juara dunia 2008, melengkapi pembalap yang naik ke podium untuk McLaren, 23,1 detik di belakang Alonso, dengan Vettel berda di urutan keempat setelah start dari posisi terdepan.

Dalam suatu balapan tanpa mengisi bahan bakar dan pada temperatur yang sangat panas di sirkuit gurun yang baru diperpanjang itu, Alonso mengumpulkan 25 angka untuk angka kemenangan berdasarkan sistem baru tersebut, yang memberikan angka kemenangan kepada 10 pembalap terdepan.

Setelah memarkir mobilnya, pembalap Spanyol itu berdiri di atas mobilnya dan merayakan kemenangannya dengan mengepalkan tinjunya ke udara dan memukul dadanya sebelum memeluk para mekanik.

Juara dunia tujuh kali Michael Schumacher, yang terjun kembali ke balapan pada usianya yang ke-41 dan setelah absen tiga tahun, berada di posisi keenam dengan mobil Mercedes dan satu tingkat di bawah rekan sau timnya dari Jerman, Nico Rosberg.

Juara dunia Jenson Button melakukan awal yang buruk dalam usahanya mempertahankan gelar dan hanya menempati posisi ketujuh dalam debutnya bersama McLaren.

Lotus yang dimiliki Malaysia, nama yang mereka agungkan saat kembali ke olahraga tersebut setelah absen selama 16 tahun, membuktikan diri sebagai yang terbaik dari ketiga tim pendatang baru dan merupakan satu-satunya dari pendatang baru itu yang mobilnya memasuki garis finis.

Pembalap Finlandia Heikki Kovalainen berada di urutan ke-15, ketinggalan dua putaran, dan pembalap Italia Jarno Trulli berada di posisi ke-17 dan menempati posisi paling buncit.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga