Senin, 28 Juli 2014

RUU Kesehatan Lolos, Obama Lega

Senin, 22 Maret 2010 13:41 WIB | 3.281 Views
Presiden AS Barack Obama. (REUTERS/Jim Young)
Washington (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rayat AS, Minggu tengah malam di AS (Senin siang WIB), akhirnya memberi persetujuan final bagi disahkannya RUU Kesehatan yang membuat asuransi kesehatan bisa dinikmati hampir seluruh warga negara AS dan mengantarkan Presiden Barack Obama mencapai kemenangan politik paling berarti.

Dengan perbandingan suara 219 menyetujui dan 212 menentang, Kubu Demokrat di DPR memperoleh kemenangan berarti untuk perubahan kebijakan kesehatan paling dramatis dalam empat dekade terakhir ini.

Kemenangan ini membuat RUU yang sebelumnya sudah disetujui Senat ini, tinggal diserahkan kepada Obama untuk ditandatangani menjadi UU.

Sementara itu Presiden Obama menyampaikan unjuk terimakasihnya kepada para wakil rakyat yang telah meluluskan RUU refomasi layanan kesehatan itu dengan mengatakan bahwa dia memahami proses legislasi ini bukan pemungutan suara yang mudah, tetapi wakil rakyat telah memberikan suara yang benar.

Berpidato tepat larut malam hari itu, segera setelah DPR AS memberikan persetujuan finalnya untuk reformasi pelayanan kesehatan yang menghentakkan zaman yang akan memperluas cakupan perlindungan asuransi kesehatan ke hampir seluruh rakyat AS tersebut, Obama menyambut hasil voting yang alot itu.

"UU ini bukan reformasi radikal, tetapi merupakan satu reformasi besar. Legislasi ini memang tidak akan mengatasi semua kekurangan pada sistem pelayanan kesehatan kita, tetapi setidaknya ini telah mengantarkan kita ke jalur yang benar.. ini adalah perubahan seperti seharusnya terjadi," demikian Obama. (*)

Reuters/Jafar Sidik

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga