Minggu, 27 Juli 2014

Perompak Somalia Bajak Kapal Turki

Selasa, 23 Maret 2010 18:14 WIB | 2.566 Views
(istimewa)
Istambul (ANTARA News/Reuters) - Kelompok perompak Somalia membajak satu kapal Turki dengan 12 awaknya, 19 awak di antaranya warga Turki dan Ukraina, media massa Turki melaporkan, Selasa.

Kapal MV Frigia berbendera Malta itu dibajak di lepas pantai India, kata jaringan televisi Turki mengutip para pembajak tak dikenal.

"Tim saya telah membajak satu kapal Turki dari Laut India dan mereka sekarang sedang menuju ke tempat saya di sini, Haradheere," kata seorang pembajak yang menyebut dirinya bernama Ali, kepada Reuters.

Belum ada penjelasan rinci mengenai pembajakan tersebut.

Sejumlah kapal Turki telah dibajak sebelumnya dan kapal-kapal patroli Turki, yang juga anggota NATO, sedang berpatroli di Teluk Aden di bawah misi internasional untuk mencegah serangan perompak Somalia, negara yang dilanda perang saudara itu.

Aksi pembajakan di lepas pantai Somalia telah berlangsung beberapa tahun terakhir kendati kapal-kapal patroli angkatan laut tengah berpatroli di kawasan itu.

Tahun lalu, perompak Somalia membebaskan sebuah kapal Turki yang dibajak Juli di Teluk Aden setelah perusahaan kapal itu membayar uang tebusan.

Kelompok geng dari Somalia -- sejumlah di antaranya terdiri atas para bekas nelayan yang marah karena kehadiran kapal pencari ikan asing di perairan mereka -- telah menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan dengan menangkap kapal di jalur pelayaran yang menghubungkan Eropa dengan Asia itu.

(Uu.SYS/M043/B002/S026)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga