Rabu, 22 Oktober 2014

149 Perusahaan Bermasalah Pajak Terkait Gayus

| 2.744 Views
id bambang soesatyo, gayus tambunan
149 Perusahaan Bermasalah Pajak Terkait Gayus
Jakarta (ANTARA News) - Bambang Soesatyo, anggota Komisi III Bidang Hukum DPR RI mengatakan sebanyak 149 perusahaan yang bermasalah dengan pajak terkait dengan Gayus Tambunan, pegawai Direktorat Jenderal Pajak.

"Saya ada daftarnya (perusahaan bermasalah dengan pajak). Ini terkait dengan Gayus, di antaranya masuk rekening Gayus," kata Bambang Soesatyo usai bertemu Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri di Mabes Polri Jakarta, Kamis.

Bambang menjelaskan pengungkapan rekening mencurigakan milik Gayus sebesar Rp25 miliar yang diduga terkait kasus perpajakan, pencucian uang dan korupsi tersebut, merupakan kejahatan bagian terkecil saja.

Bambang beralasan ada dugaan Gayus terlibat juga kejahatan perpajakan pada ratusan perusahaan.

"Kami berharap Polri bisa mengungkap kasus besar pada kejahatan perpajakan," ujar Bambang.

Politisi asal Partai Golkar itu menyatakan, Komisi III DPR RI menanggapi pengungkapan sindikat kasus penggelapan atau mafia kasus pajak itu penting, termasuk polisi harus bisa membongkar sebab dan akibat praktik kejahatannya.

"Kalau ada oknum yang terlibat kami minta ketegasan Kapolri untuk mencopot dari atas (pimpinan) hingga ke bawahan," ucap Bambang.

Sementara itu, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Polisi Ito Sumardi mengungkapkan, penyidik sedang mendalami dugaan adanya ratusan perusahaan yang menggelapkan pajak terkait dengan tersangka Gayus Tambunan.

Ito menyatakan jika data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sudah keluar, maka penyidik akan membuktikan melalui suatu proses penyidikan. (T014/A024)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga