Sabtu, 1 November 2014

Hujan Sambut Dinihari Paskah di Ambon

| 1.607 Views
id jumat agung, paskah, jalan salib
Ambon (ANTARA News) - Hujan lebat yang mengguyur kota Ambon dan sekitarnya tidak menghalangi niat warga Kristiani untuk merayakan Paskah, Minggu dinihari.

ANTARA News Ambon yang melakukan pemantauan, melaporkan, perayaan peristiwa kebangkitan Yesus di hari ketiga setelah wafat itu, telah berlangsung sejak Sabtu (3/4) malam hingga Minggu dinihari di Sektor pelayanan masing-masing.

Hujan lebat yang mengguyur Kota Ambon sejak pukul 00.30 WIT tidak menyurutkan niat dan semangat umat Kristiani untuk merayakan Paskah secara meriah, bahkan sebagian warga rela berbasah ria untuk merayakannya.

Sebagian warga yang sebelumnya telah menyiapkan tempat ibadah di luar ruangan, terpaksa dialihkan ke dalam ruangan agar ibadahnya berjalan lancar dan khitmad serta tidak terhambat hujan yang mengguyur.

Sekelompok peniup terompet dan seruling terlihat rela berbasah hujan untuk berkeliling dengan berjalan kaki di pemukiman warga Kristiani sambil mengumandangkan kidung-kidung rohani untuk membangunkan warga agar bersiap-siap melakukan pawai obor dan mengikuti ibadah yang dipusatkan di gereja masing-masing.

Setelah selesai melaksanakan ibadah di sektor pelayanan masing-masing umat Kristiani kemudian berjalan kaki menuju gereja masing-masing dengan membawa obor maupun lampion beraneka warna dan bentuknya, sambil menyanyikan lagu-lagu rohani yang menggambarkan kegembiraan kemenangan Yesus atas maut pada hari ketiga setelah mati disalib di bukit Golgota.

Saat ibadah, sejumlah pemuda dan anak-anak juga mementaskan drama yang menderitakan dan menggambarkan penderitaan Yesus Kristus hingga mati disalib serta kebangkitannya sebagai Juru Selamat umat Manusia.

Untuk memeriahkan Paskah, maka di setiap sektor pelayanan digelar berbagai perlombaan yang dikhususkan bagi anak-anak sekolah Minggu dan sudah dilaksanakan sejak Sabtu (3/4) petang hingga Minggu dinihari (4/4) dan ditutup dengan perlombaan mencari telur Paskah.

Di sejumlah ruas jalan umat juga memasang lampu pelita yang terbuat dari botol minuman bekas di kiri-kanan badan jalan, maupun memasang lampion berbentuk salib yang dihiasi aneka lampu hias di depan rumah untuk menambah semarak suasana paskah.

Pada Sabtu malam, ribuan umat Katholik di Kota Ambon merayakan misa malam Paskah yang berlangsung khitmat dan dipusatkan di Kathedral Santo Fransiscus Xaverius, dipimpin Uskup Diosis Amboina, Mgr. PC. Mandagie.(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga