Minggu, 31 Agustus 2014

Kualifikasi Piala Afrika di Tengah Piala Dunia

Jumat, 21 Mei 2010 05:27 WIB | 1.450 Views
Fotografer mengambil gambar trofi Piala Dunia pada saat kedatangan di bandara Haneda Tokyo di Tokyo selama Trophy Tour, (23/4). (ANTARA/REUTERS /Toru Hanai)
Kairo (ANTARA News/Reuters) - Dimulainya babak kualifikasi Piala Afrika 2012 dimajukan hingga pertengahan penyelenggaraan Piala Dunia pertama di benua tersebut, demikian penegasan Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), Kamis.

Dimasukkannya Togo berarti pertandingan kualifikasi babak pertama akan diselenggarakan pada 1 Juli. Larangan ikut kompetisi tersebut selama empat tahun yang dijatuhkan terhadap Togo hari Jumat dicabut oleh CAF.

Togo dimasukkan dalam suatu grup yang terdiri atas Botswana, Chad, Malawi, dan favorit Tunisia. CAF mengatakan karena kini ada lima tim di grup tersebut, jadwal pertandingan harus diubah dan babak kualifikasi terpaksa akan dimulai bulan Juli, meskipun Piala Dunia sedang berlangsung di Afrika Selatan.

Babak kualifikasi untuk event 2012 tersebut, yang diselenggarakan secara bersama oleh Guinea Equator dan Gabon, semula akan dimulai bulan September.

Togo mengundurkan diri dari gurnamen tahun ini di Angola setelah dua anggota delegasi mereka dan pengemudi bus tim tewas akibat suatu serangan di Provinsi Cabinda.

Sementara dunia menyatakan simpati, badan sepak bola Afrika menjatuhkan larangan empat tahun terhadap mereka, seraya mengatakan mereka belum pantas mundur dari turnamen tersebut dan para pemain dipaksa pulang karena tekanan dari pemerintah mereka. (S005/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga