Rabu, 22 Oktober 2014

Sportorium UMY Dibangun Untuk Muktamar Muhammadiyah

| 3.094 Views
id muktamar muhammadiyah, din syamsuddin
Sportorium UMY Dibangun Untuk Muktamar Muhammadiyah
(ANTARA/ Wahyu Putro A)
Yogyakarta (ANTARA News) - Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dibangun khusus untuk pelaksanaan sidang Muktamar ke-46 atau Muktamar Satu Abad Muhammadiyah pada 3-8 Juli 2010.

"Gedung yang didirikan dengan menggabungkan bangunan `sport hall` dan auditorium itu memang disiapkan untuk Muktamar Satu Abad Muhammadiyah," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin, di Yogyakarta, Sabtu malam.

Menurut dia pada peresmian Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), gedung yang dibangun dengan biaya Rp30 miliar itu merupakan bangunan pertama di Indonesia dalam dunia arsitektur.

"Sportorium mampu menampung sekitar 5.000 orang dan dapat digunakan oleh publik. Selama muktamar, Sportorium akan difungsikan sebagai ruang sidang para muktamirin," katanya.

Rektor UMY Ir Dasron Hamid MSc mengatakan Sportorium UMY memiliki multifungsi. "Sport hall" dapat dimanfaatkan untuk kegiatan olah raga, sedangkan auditorium dapat digunakan sebagai ruang pertemuan.

"Jika gedung itu digunakan untuk kegiatan olah raga, lantainya akan dilapisi karpet," katanya.

Arsitek Sportorium UMY RA Wondoamiseno mengatakan bentuk Sportorium menggambarkan filosofi empat aspek kehidupan, yakni dinamis, kekeluargaan, monumental, dan indah.

Menurut dia, bentuk atap sportorium yang bergelombang atau asimetris menggambarkan kehidupan manusia yang dinamis, sedangkan bentuk melengkung menggambarkan perasan kekeluargaan yang penuh kelembutan.

"Selain itu, tiang-tiangnya yang tinggi dan kokoh menunjukkan gedung tersebut merupakan sesuatu yang monumental, dan bangunan yang indah," katanya.(*)

(U.B015/R009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga