Sabtu, 25 Oktober 2014

Infobank Umumkan Peringkat Perusahaan Asuransi

| 19.220 Views
id asuransi, peringkat, infobank
Jakarta (ANTARA News) - Biro Riset Infobank memberikan predikat sangat bagus kepada 12 perusahaan asuransi jiwa dan 32 perusahaan asuransi umum, demikian siaran pers Infobank yang diterima di Jakarta, Rabu.

Di tengah pemulihan kinerja industri asuransi yang diwarnai menghangatnya kompetisi, ada 12 perusahaan asuransi jiwa peraih predikat sangat bagus dari 44 perusahaan asuransi jiwa yang dirating.

Pada pemeringkatan tahun sebelumnya (2009), peraih predikat sangat bagus di industri asuransi jiwa hanya diduduki delapan perusahaan.

Perusahaan asuransi jiwa peraih predikat sangat bagus pada 2010 di kelas premi bruto di atas Rp200 miliar adalah Asuransi Allianze Indonesia, Indolife Pensiontama, BNI Life Insurance, dan Bringin Life.

Di kelas premi bruto Rp50 miliar hingga Rp200 miliar adalah Asuransi Cigna, Commonwealth Life, Heksa Eka Life Insurance, Asuransi Syariah Mubarakah, Asuransi Wintherthur Life Indonesia, AXA Financial Indonesia, dan AXA Life Indonesia. Sementara di kelas premi bruto di bawah Rp50 miliar hanya Great Eastern Life Indonesia.

Sementara itu, 32 perusahaan asuransi umum memperoleh predikat sangat bagus. Mereka terdiri dari 15 perusahaan untuk kategori perolehan premi bruto di atas Rp200 miliar, 13 perusahaan untuk kategori perolehan premi bruto Rp50 miliar hingga Rp200 miliar, dan empat untuk kategori perolehan premi di bawah Rp50 miliar.

Lima perusahaan asuransi umum dengan peringkat teratas untuk kategori perolehan premi di atas Rp200 miliar adalah Asuransi Jaya Proteksi, Adira Insurance, Asuransi Tokio Marine Indonesia, Asuransi Astra Buana, dan Asuransi Central Asia.

Sementara lima perusahaan asuransi umum dengan peringkat teratas untuk kategori premi bruto Rp50 miliar hingga Rp200 miliar adalah Asuransi Malpark Indonesia, Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur, Panin Insurance, Asuransi Purna Arthanugraha, dan Asuransi Parolamas.

Sedangkan empat perusahaan asuransi umum dengan peringkat teratas untuk kategori premi di bawah Rp50 miliar adalah Asuransi Dharma Bangsa, Asuransi Artarindo, Pan Pacific Insurance, dan Batavia Mitiatama Insurance.

Infobank melakukan pemeringkatan terhadap perusahaan asuransi dengan melakukan pendekatan terhadap laporan keuangan publikasi perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia dengan 10 kriteria.

Sepuluh kriteria dimaksud adalah risk based capital (RBC), rasio likuiditas, rasio cadangan teknis dengan aktiva lancar, rasio cadangan premi dengan presmi retensi sendiri, perubahan pendapatan premi bruto, rasio premi retensi sendiri dengan modal sendiri, rasio investasi dengan cadangan teknis ditambah utang klaim, rasio beban klaim netto dengan premi netto, rasio beban pendapatan dengan pendapatan, dan rasio laba dengan rata-rata modal sendiri. (A039/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga