Kamis, 2 Oktober 2014

KSAD Pimpin Peresmian Kodam XII Tanjungpura

Jumat, 2 Juli 2010 09:16 WIB | 2.728 Views
KSAD Pimpin Peresmian Kodam XII Tanjungpura
Pontianak (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI George Toisutta pimpin upacara peresmian Komando Daerah Militer XII Tanjungpura di Pontianak, Jumat.

Kepala Penerangan Korem 121/Alambhana Wanawwai, Kapten (Kav) Hendry Napitupulu, upacara peresmian Kodam XII/TPR dihadiri oleh seluruh Pangdam dan pejabat penting Mabes TNI, serta unsur Muspida Kalimantan Barat.

Panglima Kodam XII/TPR dijabat oleh Mayor Jenderal TNI Moeldoko, yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Devisi I Infantri Kostrad. Moeldoko adalah lulusan terbaik Akademi Militer 1981, kata Hendry.

Moeldoko sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kodam Jaya/Jayakarta tahun 2008.

Lulusan Akabri Tahun 1981 itu selama kariernya pernah bertugas di beberapa satuan dengan jabatan yang cukup strategis seperti Wadan Yonif 202/Tajimalela, Danyonif 201/Jaya Yudha, Dandim 0501 BS/Jakarta Pusat, Sespri Wakasad, Pabandya-3 Ops PB-IV/Sopsad.

Komandan Brigif-1 Pengamanan Ibu Kota, Asisten Operasi Kepala Staf Kodam VI/TPR, Dirbindiklat Pussenif, Danrindam VI/TPR, Danrem 141/TP Dam VII/WRB, Pa Ahli Kasad Bidang Ekonomi dan Dirdok Kodiklat TNI AD.

Moeldoko dilahirkan di Kediri, 8 Juli 1957 dengan pendidikan umum Strata 3 (S-3). Sedangkan pendidikan militer dimulai dari Akabri, Susarcab, Suslapa Inf, Seskoad, Sesko TNI, Susdanrem, Susstrat Perang Semesta dan Lemhanas RI, mempunyai seorang istri bernama Koesni Harningsih dan telah dikaruniai dua anak

Menurut dia, jabatan Kepala Staf Kodam XII/TPR akan dijabat oleh Brigadir Jenderal TNI Armin Alianyang, yang merupakan putra pejuang Alianyang, asal Provinsi Kalimantan Barat.

Saat ini, untuk mengenang jasa Alianyang sebagai tokoh pejuang asal Kalbar, sedang dibangun monumennya di perempatan jalan menuju Jembatan Kapuas II Pontianak, di Jalan Trans Kalimantan, kata Hendry.

Sementara, Markas Korem 121/ABW yang sebelumnya bertempat di Pontianak akan dialihkan ke Sintang, Kabupaten Sintang.

Sebelumnya di Kalimantan terdapat empat Kodam yang kemudian dilebur menjadi Kodam VI/TPR pada Desember 1984.

Kodam XII/Tanjungpura yang bermarkas di Pontianak akan mencakup dua provinsi yakni Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Sedangkan Kodam VI/Mulawarman untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Kalbar mempunyai wilayah perbatasan dengan Sarawak sepanjang 875 kilometer mulai dari Kabupaten Sambas hingga Kapuas Hulu.
(A057/A024)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga