Ambon (ANTARA News) - G-Crown berhasil mengantongi uang tunai Rp15 juta dan trophy juara kompetisi mengaransemen musik "Sprite D`plong" 2010 Sensasi Kesegaran Musikmu yang digelar di Lapangan Merdeka, Ambon, Kamis (8/7) sore .

Grup band yang terdiri dari Sammy Ruhulessin (vokal), Adrian Salakory (gitaris), Gotlief Sopamena (bassis), Billy Terry (keyboardist) dan Milyan Thenu (drummer) berhasil menyisihkan empat band lokal lainnya, The Stonenies, Pagi Band, D`Aqwla dan Rizzy yang juga menjadi lima besar peserta Sprite D`plong 2010 dengan nilai jajak pesan singkat yang dikirim ke Radio DMS Ambon dari 10 kelompok musik yang lolos seleksi CD Demo di Jakarta.

Setelah G-Crown, D`Aqwla berhasil meraih posisi kedua dan mendapatkan uang tunai Rp10 juta dan Rp7.500.000 untuk Rizzy Band sebagai pemenang ketiga. Sedangkan Pagi Band terpilih sebagai juara favorit dengan jumlah jajak pesan singkat terbanyak 107.146dan mendapatkan Rp5 juta.

G-Crown sendiri merupakan pecahan dari grup band Golden Crown yang sudah terbentuk sejak 2007 dan pernah menjadi juara satu Walikota Cup 2008 itu, tampil dengan membawakan lagunya Serious Band, "Rocker Juga Manusia" yang diaransemen ulang mengunakan aliran musik pop rock alternative, hard core dan house music.

Penampilan mereka berhasil mencuri perhatian Wendy Putranto wartawan Majalah Rolling Stone Indonesia dan Music Director (MD) Radio DMS Ambon Ian Pranata sebagai juri acara yang juga dimeriahkan oleh The Rock Indonesia Ahmad Dhani alias T.R.I.A.D dan juara satu A Mild Live Wanted 2008 untuk regional Indonesia Timur Expo Band.

Sang vokalis Sammy, kepada ANTARA, di Ambon, Kamis, menyatakan, hasil yang didapatkan dari ajang musik Sprite D`plong semakin memacu semangat mereka untuk terus berkarya di bidang musik band yang menurutnya cenderung kurang mendapat respon dibandingkan lagu-lagu pop daerah.

"Kaget sekaligus senang, benar-benar sensasi baru di Ambon. Kita akan terus mencoba untuk ke tingkat nasional dan menunjukan kalau musik band di sini juga tidak kalah hebatnya," katanya.

Sebelumnya grup band yang pernah menjadi salah satu finalis A Mild Wanted 2009 di Kota Ambon itu, mengaku baru terbentuk pada 2010 untuk mengikuti ajang musik yang diadakan oleh Sprite itu.

"Sebenarnya kita sudah terbentuk sejak 2007 dengan Golden Crown, namun sempat bubar dan akhirnya beberapa dari kita coba bentuk band baru dengan nama G-Crown untuk ikut kompetisi ini," kata Milyan.

Sprite D`plong 2010 Sensasi Kesegaran Musikmu merupakan kompetisi mengaransemen 10 lagu milik Chrisye, Nidji, Peterpan, Radja, Vierra, Meggy Z dan lain-lain yang sudah dibuka sejak pertengahan April 2010 di Ambon.

Gitaris G-Crown, Adrian menambahkan, grup band yang sebelumnya pernah menjadi juara tiga Festival Musik Kampus 2009 yang digelar oleh Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon itu, akan segera merilis album perdana bertajuk "Yang Terbaik", berisi 10 lagu ciptaan mereka dengan hits andalan "Bingung" pada pertengahan September 2010.

"Kita akan segera merilis album indie dengan lagu-lagu ciptaan kami sendiri," katanya. (Ant/K004)