Selasa, 29 Juli 2014

Sayuran Dataran Rendah Angkat Kehidupan Petani Indramayu

Minggu, 18 Juli 2010 06:42 WIB | 3.573 Views
Sayuran dataran rendah (ANTARA News/disperta.jambiprov.go.id )
Indramayu (ANTARA News) - Petani Kecamatan Sukra kabupaten Indramayu,Jawa Barat,menjadi pelopor penanaman sayuran dataran rendah di kawasan pantai utara, sampai berhasil memasok berbagai daerah di Indonesia dan diekspor ke Singapura.

Camat Sukra Mulya Sejati menuturkan, inisiatif mereka diawali dari kelompok tani jamur merang pimpinan Muhidi.

"Petani jamur merang yang telah berhasil mengembangkan hasil panennya dengan mencoba menanam bungan kol sayuran dataran rendah...sekarang terbukti hasil panen mereka dipasok hingga keluar negri," paparnya.

Dia mengatakan, pemerintah setempat terus mendukung semua petani sehingga kesejahteraan mereka terus meningkat. Dan ini diakui oleh Ketua Asosiasi Sayuran Dataran Rendah Muhidi.

Dia mengisahkan, awalnya sulit karena petani terbiasa menanam padi yang menjadi andalan masyarakat kabupaten Indramayu, namun berkat kerjasama dan keuletan kelompoknya, mereka beralih dan mencoba menanam sayuran dataran rendah.

Dia menjelaskan,saat ini petani yang tergabung dalam kelompoknya cukup sejahtera sehingga mendorong petani lain mengikuti cara mereka karena hasil panen saturan dataran rendah jauh lebih menuntungkan dari pada padi,s elain perawatannya mudah, waktu panen sangat singkat, dan hanya 40 hari modal sudah kembali.

"Kelebihan sayuran dataran rendah itulah yang mengubah pola tanam petani di Indramayu,"ungkapnya. (*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga