Sabtu, 25 Oktober 2014

PSSI Incar Pemain Keturunan Indonesia di Belanda

| 16.097 Views
id pssi, timnas indonesia, timnas belanda keturunan indonesia
PSSI Incar Pemain Keturunan Indonesia di Belanda
Jakarta (ANTARA News) - PSSI mengincar pemain sepak bola keturunan Indonesia yang saat ini memperkuat tim-tim besar di Belanda untuk memperkuat timnas Merah Putih pada beberapa pertandingan internasional.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes di Jakarta, Selasa mengatakan, untuk melakukan pemantauan dan seleksi bagi pemain keturunan itu pihaknya melibatkan langsung Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arief dan pelatih timnas Alfred Riedl.

"Rencanannya tim termasuk saya akan berangkat ke Belanda tanggal 30 Juli nanti. Yang jelas, kami ingin mereka mendapatkan pemain yang cocok untuk memperkuat timnas," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, pemain keturunan Indonesia yang bermain di Belanda cukup banyak. Namun demikian tidak mudah untuk mendapatkan pemain sesuai dengan kebutuhan tim. Untuk itu diperlukan pendekatan secara baik.

Selama ini, kata dia, komunikasi dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) maupun dengan pemain keturunan telah dilakukan. Hanya saja proses seleksi belum pernah dilakukan.

"Proses pembicaraan terus berjalan. Yang jelas memang ada beberapa pemain yang akan kami naturalisasikan. Kami berharap semua pihak akan mendukung rencana ini," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, pemain keturunan yang saat ini diincar bukan hanya untuk timnas senior namun juga diproyeksikan memperkuat timnas dalam waktu yang panjang. Untuk timnas senior pihaknya mencari pemain yang berumur antara 25-26 tahun. Sedangkan untuk proyeksi jangka panjang berumur antara 18-21 tahun.

"Kami berharap pemain-pemain keturunan ini minimal dikontrak tiga tahun untuk bermain di Indonesia. Dengan durasi yang panjang diharapkan hasilnya maksimal," katanya menegaskan.

Pria yang akrap dipanggil Kang Nug itu berharap, pemain keturunan yang akan dinaturalisasi tersebut bisa secepatnya diperoleh. Dia juga berharap pemain itu sudah bisa diturunkan pada kejuaraan Piala AFF yang akan digelar akhir tahun nanti di Gelora Bung Karno Jakarta.

Sebagimana diketahui, saat ini proses pembentukkan timnas yang akan turun pada Piala AFF masing berlangsung. Jajaran pelatih yang dipimpin asisten pelatih Wolfgang Pikal dan Widodo Cahyono Putro terus mencari pemain tambahan guna memenuhi kuota pemain yang telah ditetapkan.

Sesuai jadwal, pengumuman nama-nama pemain yang memperkuat timnas akan dilakukan 25 Juli nanti. Selanjutnya 23-25 pemain yang masuk timnas akan menjalani trainning center (TC) mulai 1 Agustus. (*)

(T.B016/R009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga