Kamis, 21 Agustus 2014

Program Duta Lingkungan Hidup Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Kamis, 22 Juli 2010 23:26 WIB | 4.025 Views
Sintang (ANTARA News) - Program pemilihan Duta Lingkungan Hidup (LH) merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kemitraan yang harus rutin dilakukan, kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Murjani, Kamis.

"Pemilihan Duta Lingkungan Hidup perlu dilakukan rutin karena dari mereka yang terpilih akan terlibat jadi pengkampanye lingkungan yang baik kepada masyarakat," katanya.

Selain itu, katanya, mereka yang terpilih akan mempromosikan kelestarian lingkungan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan lestari.

"Dari Duta LH ini bisa mendorong generasi muda menjadi kelompok utama yang memungkinkan dalam transfer pemahaman kesadaran lingkungan ke masyarakat di sekitarnya dan mereka menjadi ujung tombak untuk ini," kata dia.

Dalam ajang pemilihan Duta LH tingkat provinsi, Sintang sudah mengirim dua utusan dan ternyata salah seorang dari mereka, yakni Yohanes, terpilih sebagai duta lingkungan hidup tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

"Kemungkinan pada tahun 2011 akan dikirim untuk ikuti pemilihan Duta Lingkungan Hidup tingkat regional Kalimantan," katanya.

Dalam soal lingkungan ternyata kemenangan duta LH ini melengkapi kemenangan sejumlah kegiatan lingkungan sebelumnya yaitu Duta LH tingkat regional Kalimantan tahun 2009 hingga 2010 atas nama Hiasinta Nova Arizona, Penghargaan Adiwiyata atas nama SDN 05 Sintang dan penghargaan yang ditunggu-tungu adalah piagam Adipura.

"Adipura 2010 sudah kita dapat dan diterima langsung bupati Sintang pada tanggal 8 Juni 2010 di Jakarta," katanya.

Ia berharap sejumlah prestasi itu bisa lebih memacu dan memotivasi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sintang untuk lebih peduli dengan pelestarian lingkungan.

"Tentunya ini adalah keinginan kita agar lingkungan tetap lestari hingga masa mendatang," tambahnya. (*)

(ANT-172/R009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga