Sabtu, 20 September 2014

Veteran Belanda Ikut Upacara Detik-detik Proklamasi

Selasa, 17 Agustus 2010 12:56 WIB | 2.113 Views
Dua veteran asal Belanda, Arnold De Lange (kiri), dan Jan Beumont (kanan), menyapa seorang veteran wanita Indonesia yang duduk di kursi roda, pada HUT ke-65 RI, di lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang, Jateng, Selasa (17/8). (ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)
Semarang (ANTARA News) - Dua veteran tentara Belanda pada zaman pertempuran kemerdekaan Republik Indonesia, Jan Beumont dan Arnold De Lange, turut menyemarakkan upacara peringatan detik-detik proklamasi tingkat Jawa Tengah, yang digelar di Lapangan Simpang Lima Semarang, Selasa.

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-65 Kemerdekaan Indonesia ini, kedua veteran perang asal Belanda yang berpakaian lengkap dengan tanda jasa kehormatannya tersebut, hadir atas undangan paguyuban veteran tentara wilayah Jawa Tengah.

Menurut Jan Beumont, dirinya merupakan veteran tentara Belanda yang masih berkomunikasi langsung dengan sejumlah mantan pejuang Indonesia di masa kemerdekaan.

Ia menyatakan kegembiraan serta kebanggannya karena diberi kehormatan untuk hadir dalam peringatan detik-detik proklamasi yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Sementara itu, Gubernur Bibit Waluyo dalam amanatnya menyampaikan ucapan syukur atas kedewasaan dan kesabaran masyarakat Jawa Tengah dalam menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi.

"Saat ini, bangsa dan negara kita sedang berada di tengah badai multidimensi," katanya.

Namun, lanjut dia, negeri ini masih dikaruniai suasana aman, nyaman, tenteram, dan damai berkat kedewasaan dan kesabaran masyarakat.

Ia juga menyampaikan terrimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Jawa Tengah yang telah bekerja keras, loyal, serta berdedikasi tinggi dalam mengawal provinsi ini agar tetap dalam situasi sejuk dan kondusif.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ini juga dihadiri oleh pimpinan lembaga-lembaga di tingkat Jawa Tengah, seperti seperti Kepala Kepolisian Daerah Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Alex Bambang Riatmodjo.

Selain itu, hadir pula Kepala Kejaksaan Tinggi Salman Maryadi, Panglima Daerah Militer Mayor Jenderal Langgeng Sulistyono, serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah Murdoko, serta para anggota DPRD provinsi ini
(I021/Y006)

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga