Kalianda, Lampung Selatan (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan mengembangkan peternakan kambing di kawasan terminal agribisnis dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Selatan Ahmad Khandri di Kalianda, Sabtu, mengatakan pengembangan peternakan kambing yakni jenis kambing peranakan etawa dan brahma dapat menghasilkan susu dan daging.

"Lokasinya berada di sepanjang gunung Rajabasa dan Kecamatan Bakauheni," katanya.

Ia menjelaskan, lokasi tersebut sangat cocok untuk pengembangan ternak karena persediaan pakan dari penghijauan masih melimpah dan berdekatan dengan lokasi rencana pembangunan terminal agribisnis di Lampung.

Menurut dia, pengadaan ternak nanti akan didapatkan dari sebuah perusahaan peternakan kambing di Kecamatan Palas, yang kemudian akan dikembangkan kecamatan-kecamatan lainnya.

Menurut dia, pengembangan tersebut sangat cocok dengan program pemerintah Provinsi Lampung yang akan mendirikan terminal agribisnis di Desa Gayam, Kecamatan Penengahan, pada tahun 2011.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, nantinya kambing-kambing tersebut selain diperah susunya juga dapat dipasarkan melalui terminal agribisnis.

Dia menambahkan, dengan adanya terminal agribisnis tersebut para investor juga nantinya akan diberikan kesempatan untuk menanamkan modal di sektor perternakan.

Dia memaparkan, wilayah Kabupaten Lampung Selatan secara merata masih belum dimanfaatkan untuk sentra peternakan sehingga para investor tinggal memilih lokasi yang sesuai dengan keinginan dengan didukung pembelian lokasi dengan harga murah.

Kemudian, untuk ketersediaan sumber pakan, penghijauan seluruh kawasan di Lampung Selatan masih terperlihara di seluruh daerah terutama daerah lereng perbukitan Bakauheni dan Gunung Rajabasa dan Penengahan.

Selain itu, lokasi pengembangan ternak didukung dengan keberadaan jalan lintas Sumatera yang memberikan kemudahan akses transpotasi baik menuju Bandarlampung maupun Pulau Jawa dan pemberian kemudahan izin dari Pemerintah Lampung Selatan sendiri.

Dia berharap dengan program ini, iklim investasi di Lampung Selatan kedepan dapat tumbuh pesat, dan dengan dengan adanya para investor tersebut dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor peternakan.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan berupaya untuk menjadikan daerah itu sebagai lumbung ternak untuk mendukung program swasembada daging pada tahun 2014 mendatang.(ANT-048/K004)