Minggu, 21 Desember 2014

Warga Korban Gunung Meletus Mengungsi ke Langkat

| 2.365 Views
id gunung sinabung, gunung meletus, sumatera utara, pengungsi
Warga Korban Gunung Meletus Mengungsi ke Langkat
Langkat (ANTARA News) - Sebagian warga korban meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), mengungsi ke Kabupaten Langkat.

Para pengungsi di Langkat, Minggu, berasal dari beberapa desa di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo.

Mereka mengungsi ke Desa Telaga, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, setelah Gunung Sinabung meletus dan mengeluarkan asap dan larva pijar pada Minggu dinihari.

Sebagian pengungsi terdiri atas kaum ibu, anak-anak dan para orang lanjut usia.

"Mereka mencari tempat aman dari terjangan lumpur panas yang bisa saja keluar dari Gunung Sinabung," ujar M Pohan, penduduk Telaga yang dihubungi melalui telepon.

Menurut dia, saat ini ada ratusan pengungsi yang ditampung di Balai Desa Telaga. Mereka berasal dari Desa Kuta Rakyat, Sigarang-garang, Suka Malu, Simanceum, seluruhnya di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo.

"Sekitar pukul 03.00 WIB mereka sampai ke Desa Telaga dengan berjalan kaki dari sana," ujarnya.

Mengetahui di daerahnya ada pengungsi menyusul meletusnya Gunung Sinabung, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu langsung memerintahkan Kepala Kantor Sosial TM Azuai membawa bantuan ke Desa Telaga, Kecamatan Sei Bingai.

"Bantuan yang dibawa berupa 500 kg beras, 30 kardus mie instan, 20 papan telur, 15 kg gula, kopi, teh, termasuk juga terpal. Tim Taruna Siaga Bencana juga sudah kita berangkatkan ke sana untuk memberikan pertolongan," katanya.
(T.ANT-218/R014/P003)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga