Kabanjahe, Sumut (ANTARA News) - Puluhan pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung, Kecamatan Payung, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, mendatangi rumah dinas bupati di daerah itu, Minggu, sekitar pukul 10.00 WIB, akibat terlambat mendapatkan bantuan makanan berupa nasi bungkus.

"Pemerintah di Kabupaten Karo, kelihatannya kurang peduli terhadap nasib pengungsi tersebut," kata salah seorang pengungsi warga Desa Guru Kinayan, Jumadi Sembiring (73) di Kabanjahe.

Oleh karena itu, katanya, pengungsi yang tinggal di Jambur Lige Jalan Meriam Ginting terpaksa mendatangi rumah dinas bupati untuk mempertanyakan bantuan tersebut.

Bantuan yang dituntut oleh warga yang ditimpa musibah itu, adalah makanan siang yang belum juga diberikan pemerintah di daerah setempat.

Padahal para pengungsi tersebut sejak Minggu pukul 02.00 WIB sudah menempati Jambur Lige, belum juga mendapatkan makanan.

"Hati siapa yang tidak sedih, melihat pegungsi itu belum juga diperhatikan atau dikirim makanan. Ini benar-benar keterlaluan dan tidak menghargai pengungsi," kata Jumadi mengaku ikut dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Ia mengatakan, makanan kemudian diberikan setelah protes itu dilakukan.(*)

M034/Z003

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010