Kamis, 2 Oktober 2014

Usaha Penyewaan Mobil di Bogor Laris

Selasa, 7 September 2010 19:12 WIB | 2.555 Views
Usaha penyewaan mobil (ANTARA/Fanny Octavianus)
Bogor (ANTARA News) - Usaha penyewaan mobil di Kota Bogor, Jawa Barat, menjelang Idul Fitri 1431 Hijriah laris, dan sebagian besar konsumen sudah memesan mobil sewaan sejak awal bulan Ramadhan.

PT Cipaganti Citra Grafik, rental mobil terbesar di Kota Bogor telah menyiapkan sekitar 120 mobil untuk menghadapi mudik lebaran.

"Hingga hari ini, seluruh mobil sudah habis disewa untuk mudik lebaran," kata Deni Gunawan, Koordinator PT Cipaganti Citra Grafik, di Bogor, Selasa.

Deni menyebutkan, PT Cipaganti tidak hanya menyewakan mobil tetapi juga menyediakan layanan travel tujuan Bandung dan Bandara. Saat ini pihaknya tidak lagi bisa menyewakan mobil karena sudah habis disewa.

"Sekarang kita fokus pada travel untuk mudik lebaran, karena yang mobil sewa sudah habis semua," katanya.

Deni menyatakan, tahun ini terjadi peningkatan penyewaan mobil sebesar 50 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ia menyebutkan, tahun laul, mobil sewaan masih tersisa setelah lebaran sebanyak 50 unit. Tapi tahun ini dari 20 mobil yang disediakan untuk cabang Bogor habis disewa, pihaknya terpaksa menambah mobil cadangan dari cabang Jakarta sebanyak 100 unit.

"Karena banyaknya permintaan untuk di Bogor kita terpaksa menambah cadangan dari Jakarta sebanyak 100 unit, jadi totalnya 120 sudah habis disewa sebelum lebaran," ungkapnya.

Rata-rata para penyewa mobil merupakan pelanggan lama dan beberapa ada pelanggan baru. Mereka kebanyakan melakukan pemesanan sejak awal Ramadhan, untuk keberangkatan pada H-3 lebaran.

Kebanyakan pelanggan menyewa mobil selama satu minggu dengan tujuan mudik mayoritas ke Pulau Jawa dan Sumatera.

PT Cipaganti Citra Grafika melayani penyewaan mobil per hari, tapi selama lebaran memberlakukan promo penyewaan dengan sistem lama penyewaan satu minggu.

Terkait biaya penyewaan, Deni menyebutkan ada kenaikan penyewaan sebesar 30 persen dari hari biasanya.

Jenis mobil yang disewakan diantaranya adalah Kijang Inova, Avanza, Xenia, KIA Regio dan minibus KIA HELP dan 20 bus dengan kapasitas masing-masing 27 tempat duduk.

Untuk ongkos sewa per hari, mobil disesuaikan jenis dan tahun produksi mobil tersebut, seperti jenis Avanza per harinya berkisar dari Rp550 ribu - Rp625 ribu, Inova Rp500 ribu hingga Rp675 ribu, Xenia Rp500 ribu, KIA Regio dan HELP Rp900 ribu dan jenis bis Rp2,5 juta.

"Karena mengalami kenaikan, untuk mobil jenis Inova biaya sewa per minggu sebesar Rp3,8 juta," ungkapnya.

Ia menyebutkan, biaya sewa mobil untuk mudik belum termasuk biaya bahan bakar minyak (BBM), sesuai aturan penyewaan pengisian BBM harus ditanggung penyewa.

Penyewa juga bisa memilih menyewa dengan menggunakan sopir atau menyetir sendiri. (LR/BK004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga