Sentani (ANTARA News) - Ancaman kekeringan di Pegunungan Cycloop, Kabupaten Jayapura, Papua, sangat mengkhawatirkan, demikian Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae di Sentani, Sabtu.

"Kalau hal ini tidak segera ditangani maka kondisi Gunung Cycloop akan semakin memprihatinkan dan lama kelamaan sumber air bersih di sana semakin hilang," katanya.

Padahal sumber air bersih untuk komsumsi masyarakat di kabupaten/kota Jayapura, lanjut Habel Suwae, adalah dari gunung Cycloop sehingga apabila terus dibiarkan terus maka sumber mata air beberapa tahun kemudian bisa hilang.

Bupati juga menyinggung ancaman bencana alam tanah longsor seperti terjadi pada 2006 lalu di mana Kota Sentani rata dengan tanah.

Peristiwa tersebut merusak seluruh fasilitas pemerintah dan swasta serta perumahan di Kota Sentani sehingga kota pun lumpuh total.

Menurut Melkias, perlu segera rapat koordinasi yang dipimpin langsung Gubernur Provinsi Papua untuk memecahkan kekeringan dan bencana alam di Cycloop, serta penanangan terpadu antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota Jayapura.

Pegunungan Cycloop adalah kawasan cagar alam namun terus dirambah masyarakat demi perkebunan dan pemukiman. (*)

KR-HLM/AR09