Malang (ANTARA News) - Arus lalu lintas di Kota Malang, Jawa Timur, pada 2015 akan macet total jika pemerintah setempat tidak membenahinya, baik fisik jalan maupun rekayasa jalur kendaraan, kata seorang pakar transportasi.

"Saya prediksikan tahun 2015 kendaraan di Kota Malang akan sulit bergerak bahkan macet total jika tidak ada tindakan kongkrit dari Pemkot Malang," kata pakar transportasi dan lalu lintas Universitas Brawijaya Harnen Sulistyo di Malang, Selasa.

Menurut Harnen, sekitar 1997-1998 dia dan beberapa mahasiswa meneliti dan hasilnya menunjukkan pada 2010 kemacetan di Kota Malang akan bertambah parah.

Namun, kemacetan yang luar biasa pada 2010 justru dibiarkan tanpa ada upaya pemerintah kota dalam mengatasinya.

"Seharusnya Pemkot Malang membuat perencanaan jaringan jalan untuk tahun 2010-2030," kata Dekan Fakultas Teknik Brawijaya itu

Harnen memperkirakan, kemacetan arus lalu lintas di Kota Malang dalam lima tahun ke depan akan lebih parah dibandingkan Jakarta sekarang, apalagi masyarakat Kota Malang yang memiliki kendaraan semakin banyak.

Menanggapi pernyataan pakar transportasi tersebut Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang M Yusuf berjanji bekerja maksimal agar perkiraan kemacetan total itu dihindari.

"Kita sudah merancang manajemen rekayasa lalu lintas yang baru di beberapa titik di Kota Malang," kata Yusuf. (*)

E009/s018/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010