Senin, 20 Oktober 2014

Rumah Pintar Jadi Objek Wisata Pendidikan

| 2.664 Views
id rumah pintar, obyek wisata pendidikan
Kulon Progo (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana menjadikan Rumah Pintar di Dusun Segajih, Desa Hargotirto, sebagai objek wisata pendidikan seperti Taman Pintar di Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo sekaligus koordinator pengelola Rumah Pintar Pilar Indonesia Cerdas, Sri Mulatsih, di Wates, Kamis, mengatakan, Rumah Pintar ini mampu mendorong dan menjembatani masyarakat Kulon Progo untuk memanfaatkan ilmu pendidikan. "Upaya itu penting, karena Kulon Progo membutuhkan objek wisata pendidikan," katanya.

Ia mengatakan Rumah Pintar yang menjadi binaan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) ini diharapkan dapat berkembang menjadi tempat wisata pendidikan. "Untuk saat ini, kami masih akan melakukan pembenahan fasilitas serta memaksimalkan keberadaan Rumah Pintar ini," katanya.

Menurut dia, keberadaan Rumah Pintar pun menjadi penting sebagai menyangga pilar pendidikan di Kulon Progo, dan diharapkan dengan adanya Rumah Pintar tersebut, Pilar Indonesia Cerdas dapat tumbuh di kabupaten ini, sehingga ke depannya dapat berkembang, tidak hanya di Desa Hargotirto, tetapi juga di beberapa desa lain.

"Ke depannya, Rumah Pintar dimungkinkan bisa tersebar dan ada di setiap desa di Kabupaten Kulon Progo serta daerah lain," katanya.

Hanya saja, kata dia, untuk saat ini baru fokus memaksimalkan Rumah Pintar di Hargotirto terlebih dahulu. "Tentu menjadi harapan kami Rumah Pintar dapat berkembang di Kulon Progo," katanya.

Sebelumnya, Ibu Negara Ani Yudhoyono selaku Ketua Umum SIKIB meresmikan Proyek Percontohan Nasional Pengembangan Desa Sejahtera yang dikembangkan melalui Rumah Pintar, di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 29 September 2010.

Kesejahteraan ini dijabarkan dalam lima program yaitu Indonesia Sehat, Pintar, Kreatif, Hijau, dan Peduli. Diharapkan kelimanya dapat berjalan sinergis.

Rumah Pintar di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap itu, berada di kawasan pegunungan Menoreh sebelah barat Waduk Sermo. Jumlah penduduk desa ini sebanyak 8.326 jiwa. (ANT-159/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga