Selasa, 29 Juli 2014

Telkomsel Buka Pengaduan SMS Penipuan

Jumat, 22 Oktober 2010 10:33 WIB | 5.151 Views
Kupang (ANTARA News) - PT Telkomsel membuka akses dengan mengoperasikan ADN 1166 untuk menerima pengaduan SMS penipuan dari para pelanggan.

"Telkomsel sudah membuka layanan 1166, sebagai sarana pengaduan dan meminimalisir praktik penipuan. Setiap laporan yang disampaikan ke nomor 1166 melalui ponsel, Telkomsel akan menindaklanjutinya," kata GM Network Operations Telkomsel Regional Bali Nusra I Ketut Susila Dharma melalui surat elektronik yang diterima ANTARA di Kupang, Jumat.

Dia mengakui penipuan melalui SMS yang akhir-akhir ini marak sangat meresahkan masyarakat. Modus dan metode yang digunakan oleh para pelaku penipuan juga selalu berganti-ganti untuk dapat menarik sebanyak mungkin perhatian pemakai ponsel.

"Banyaknya tindak penipuan yang menimbulkan keluhan dan kerugian material yang tidak sedikit, sangat meresahkan pelanggan. Hal ini jelas-jelas mengganggu kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam menggunakan ponsel. Inilah yang mendorong Telkomsel membuka akses pengaduan," katanya.

Layanan 1166 adalah nomor singkat yang disiapkan Telkomsel untuk menampung pengaduan SMS penipuan dan tindak penipuan melalui SMS yang telah terjadi.

Layanan ini hanya diperuntukkan bagi pelanggan Telkomsel dan tidak berbayar. Dibukanya layanan ini bertujuan agar para pelanggan Telkomsel dapat dengan mudah dan cepat mengadukan penipuan SMS yang terjadi, katanya menjelaskan.

Format yang harus diisi dalam SMS pengaduan tersebut adalah sebagai Penipuan#nomor pelaku penipuan#isi sms penipuan, katanya.

Seluruh data pengaduan yang berhasil ditampung melalui layanan ini akan dimanfaatkan oleh Telkomsel sebagai dasar tindak lanjut terhadap nomor yang dilaporkan, katanya.

Dia juga mengimbau agar para pelanggan tidak mudah percaya pada SMS yang mencurigakan, terutama terkait dengan hadiah program undian.

"Apabila pelanggan memenangkan hadiah maka seluruh pajak hadiah akan ditanggung sepenuhnya oleh Telkomsel. Pelanggan tidak akan mengeluarkan uang sedikit pun," katanya.

Jika ada SMS terkait musibah, maka teleponlah terlebih dahulu kepada keluarga di rumah, untuk mengetahui dengan benar kondisi sesungguhnya, katanya.

Dia juga berharap, dengan membuka layanan pengaduan 1166 ini Telkomsel berharap dapat mengurangi tindak penipuan SMS yang terjadi, sekaligus memberikan kenyamanan bagi pelanggan.
(ANT/B010)

Editor: Bambang

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga