Sabtu, 1 November 2014

Gunung Slamet Tetap Waspada

| 2.453 Views
id gunung api,gunung slamet,merapi
Gunung Slamet Tetap Waspada
Letusan yang disertai dengan semburan abu vulkanik di puncak Gunung Slamet tampak terlihat di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet di Desa Gambuhan, Pulosari, Pemalang, Jateng (24/4). (ANTARA/Idhad Zakaria)
Purwokerto (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih menetapkan status waspada terhadap aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah.

"Hingga saat ini PVMBG belum menurunkan status waspada Gunung Slamet," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan, Kabupaten Pemalang, Sukedi saat dihubungi dari Purwokerto, Kamis.

Ia mengatakan, penurunan status terhadap gunung api yang baru mengalami peningkatan itu akan berlangsung lama.

Pos pengamatan kan terus memantau perkembangan Gunung Slamet dari beberapa parameter sebelum memutuskan menurunkan status dari waspada menjadi aktif normal.

"Namun untuk saat ini kondisi Gunung Slamet relatif aman, tidak ada pengaruh dari Gunung Merapi," katanya.

Dia mengakui ada sedikit kendala dalam mengamati Gunung Slamet akibat pengaruh cuaca ekstrem, yaitu hujan yang turun tiap hari mengganggu aktivitas pengamatan visual. "Tapi kalau pagi hari masih bisa dilakukan pengamatan visual," katanya.

PVMBG menetapkan status waspada terhadap gunung di Kabupaten Pemalang, Purbalingga, Banyumas, Brebes, dan Tegal itu sejak 29 Juni 2009.

KR-SMT/N002/AR09

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga