Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri akan menyediakan layanan sistem pembayaran untuk mendukung pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2011, yang akan menerima pembayaran uang pendaftaran calon peserta SNMPTN yang diikuti oleh 60 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi di Jakarta, Rabu mengatakan Bank Mandiri telah mengembangkan sistem teknologi informasi untuk mempermudah pendaftaran SNPTN sehingga calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus atau panitia lokal untuk mengisi formulir pendaftaran.

"Para calon mahasiswa maupun orang tua dapat mengakses website SNMPTN untuk mendaftar di mana saja melalui jaringan internet. Pembayarannya pun dapat dilakukan secara online di seluruh jaringan Bank Mandiri seperti ATM, Internet Banking, SMS Banking, dan cabang-cabang yang ada di seluruh Indonesia sehingga tidak perlu antri panjang di loket pembayaran," katanya.

Riswinandi mengemukakan bahwa Bank Mandiri terus berkomitmen untuk mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia, termasuk penyediaan layanan perbankan untuk meningkatkan efisiensi pendaftaran SNMPTN.

Selain akan menerima biaya pendaftaran seluruh calon peserta SNMPTN 2011, Bank Mandiri juga membantu sosialisasi SNMPTN yang salah satunya melalui pencetakan dan pendistribusian buku panduan informasi awal SNMPTN ke sekolah-sekolah setingkat SMA/MA/SMK seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengemukakan pendaftaran sekaligus pembayaran yang dapat dilakukan secara online merupakan salah satu upaya kementerian dalam meningkatkan efisiensi dan memberi kemudahan bagi seluruh calon mahasiswa dalam mendaftar SNMPTN.

"Banyaknya jalur masuk PTN dengan biaya pendaftaran yang berbeda-beda dikhawatirkan akan mengurangi kesempatan calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk membeli formulir seleksi masuk PTN. Melalui SNMPTN calon mahasiswa hanya perlu mendaftar satu kali dan bisa memilih PTN mana saja. Setiap calon mahasiswa dimanapun dia berada bisa memilih dan mengikuti seleksi PTN yang diminati, ini merupakan bagian dari upaya untuk efisiensi dan optimalisasi," ujar Muhammad Nuh.

Sedangkan Ketua Umum Panitia SNMPTN Herry Suhardiyanto mengemukakan bahwa calon mahasiswa yang akan mengikuti SNMPTN pada tahun 2011 diperkirakan mencapai hampir 800.000 atau sekitar dua kali lipat dari peserta SNMPTN 2010, karena di tahun 2011 ini 60 persen penerimaan mahasiswa dilakukan melalui jalur SNMPTN 2011.

Melalui kerjasama layanan perbankan ini, seluruh calon mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia dapat memperoleh kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

"Kami ingin seluruh calon mahasiswa di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri dan mendapatkan kemudahan dalam proses pendaftaran," ujar Herry.

Di bidang pendidikan, Bank Mandiri telah mencanangkan program Wirausaha Mandiri untuk menumbuhkan semangat berwirausaha mahasiswa sehingga tercipta paradigma baru di kalangan mahasiswa, dari job seeker menjadi job creator. Pada program tersebut, Bank Mandiri tidak hanya memberikan dukungan pembiayaan, tapi juga pendampingan untuk meningkatkan kapabilitas wirausahawan dan calon wirausahawan. (*)

(T.D012/B012/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011