Berlin (ANTARA News) -  Setelah lebih dari 65 tahun sejak Jerman menyerah kepada sekutu, pengawal terakhir Hitler mengatakan tidak bisa lagi membalas surat dari para penggemar yang berdatangan dari seluruh dunia  karena usia yang sudah renta.

Rochus Misch kini berusia 93 tahun dan harus menggunakan tongkat untuk berjalan di apartemennya. Reuters mengutip The Berliner Kurier yang melaporkan bahwa  Misch mengaku tak mungkin lagi membalas surat-surat penggemar karena faktor usia. Kebanyakan surat yang datang itu meminta tanda tangan.

"Mereka (surat) datang dari Korea, dari Knoxville, Tennessee, dari Finlandia dan Islandia, dan tak satu pun mengatakan hal buruk," kata Misch.

Pria itu dipercaya sebagai pria terakhir yang masih dan kenal Hitler secara personal.

Di masa lalu Misch biasanya mengirim foto dirinya pada masa perang yang dibubuhi tanda tangan kepada penggemar. Dalam foto itu dia memakai seragam SS yang disetrika rapi.

Surat yang datang dari para penggemar saat ini, termasuk surat-surat dan paket,  menumpuk di flatnya di Berlin selatan di pemukiman Rudow yang penuh dedaunan.

Misch juga bekerja sebagai operator telepon dan kurir. Memoarnya yang berjudul "The Last Witness," dipublikasikan tahun 2008 di Jerman dan akan segera diangkat ke layar lebar.
(ENY/a038/BRT

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011