Makassar (ANTARA News) - Seorang pengamat pendidikan dari Universitas Muhammadiyah, Makassar, menilai minat dosen di daerah ini untuk melakukan penelitian guna mengembangkan ilmu pengetahuan masih rendah.

"Rendahnya animo dosen untuk melakukan penelitian karena sebagian besar dosen hanya menghabiskan waktunya untuk mengajar di kelas," kata staf pengajar Unismuh Makassar Ir Abubakar Idhan, MP di Makassar, Kamis.

Di sisi lain, para dosen juga kurang berminat untuk berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional dalam menemukan suatu karya atau ilmu baru.

Oleh karena itu, Abubakar menggelar  Workshop Internasional bertema "Migration, Occupation dan Household Expenditure for Education and Health in Four Indonesia Cities" demi menumbuhkan animo dosen melakukan penelitian.

"Pada workshop ini, dibahas tentang migrasi yang terkait dengan masalah sosial, kesehatan dan kesempatan kerja dengan mengambil empat lokasi contoh kasus di Indonesia," katanya.

Workshop yang berlangsung 3-5 Februari 2011ini dihadiri ratusan dosen. Di sini juga digelar konferensi internasional untuk membahas masalah aktual antarnegara, khususnya Indonesia, Australia dan China.(*)

S036/F002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011