Santiago (ANTARA News) - Marcelo Bielsa memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pelatih tim nasional Chile, Jumat (Sabtu WIB) menyusul semakin panasnya suhu politik di dalam tubuh federasi sepak bola negara Amerika Selatan itu, demikian AFP melaporkan.

"Saya telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan saya (sebagai pelatih) tim nasional Chile," kata Bielsa, pelatih berusia 55 tahun yang baru tiga tahun menjalankan tugasnya.

Masa depan Bielsa menjadi tidak menentu sejak awal tahun ini setelah Sergia Jadue terpilih sebagai presiden Federasi Sepakbola Chile (ANFP), mengalahkan Ernesto Corona, sekutu Harold Mayne-Nicholls, yang merekrut pelatih asal Argentina itu pada 2007.

Bielsa menyampaikan kecaman kepada Jadue karena bos ANFP itu ingin untuk mendepaknya.

"Sejak itu menjadi mengambil alih jabatan presiden, ia berusaha melakukan apa saja untuk mendepak saya," kata Bielsa.

Di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Bielsa berhasil mengantar Chile ke babak kedua, tapi usaha mereka untuk melangkah lebih jauh dihentikan oleh Brazil.

Bagi Chile, itulah penampilan pertama mereka di pentas Piala Dunia sejak 12 tahun lalu.

Keputusan Bielsa untuk meletakkan jabatan diambil hanya berselang satu hari setelah Jadue menegaskan bahwa Bielsa akan dipertahankan sampai Piala Amerika akhir 2011. (A032/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011