Sebaiknya dipertimbangkan dulu jika ingin pulang ke tanah air sekarang karena situasi politik Mesir mulai membaik
Jakarta (ANTARA News) - Para mahasiswa Indonesia yang tengah menyelesaikan studinya di Kairo, Mesir sebaiknya berpikir ulang jika ingin pulang mengungsi ke tanah air  karena kini suasana di Mesir mulai membaik.

"Sebaiknya dipertimbangkan dulu jika ingin pulang ke tanah air sekarang karena situasi politik Mesir mulai membaik," kata Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Hairul Fuad dalam perjalanan ke Brebes mendampingi Menag Suryadharma Ali, Minggu.

Ia menjelaskan, suasana di Mesir kini mulai kondusif. Namun, ia belum mengetahui apakah proses belajar di Universitas Al Azhar Kairo sudah dapat dimulai pada pekan depan.

Diperkirakan, suasana kondusif dalam pengertian menyeluruh -- aman, perekonomian berjalan dan aktivitas kantor normal -- baru pulih sekitar sebulan ke depan. Karena itu, lanjut dia, para mahasiswa di Mesir perlu mempertimbangkan lagi jika ingin kembali ke tanah air.

Jumlah mahasiswa Inonesia yang berlajar di Kairo tercatat tidak kurang dari 6.000 orang.

Saat Mesir dilanda demonstrasi besar menuntut turun Hosni Mubarak, pemerintah Indonesia mengevakuasi ratusan mahasiswa menggunakan pesawat udara.
(E001/I007)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011