Kami telah berlatih adu penalti sepanjang minggu. Manajer hanya menyuruh kami menendang sekeras mungkin
London (ANTARA News) - Kapten Everton Phil Neville menceploskan tendangan penalti penentu kemenangan timnya di mana saat yang sama juara bertahan Chelsea terlempar dari Piala FA pada pertandingan Sabtu, lewat pertandingan dramatis lewat adu penalti.

Chelsea tampak akan bebas melenggang ke babak kelima untuk bertemu Reading ketika tembakan pemain tengah Frank Lampard memimpin mereka dengan 1-0 pada paruh pertama babak tambahan di Stamford Bridge.

Namun gol balasan sensasional dari Leighton Baines, pemain sayap kiri Everton yang menembak dari jarak 25 yard, memaksa mereka beradu penalti.

Chelsea kemudian harus mengalami gagalnya Nicolas Anelka dan Ashley Cole mengeksekusi tendangan penalti, sebelum kemudian Neville memupus impian the Londoners untuk meraih Piala FA ketiga kali berturut-turut setekah 2010 dan 2009.

"Saya tahhu saya akan menciptakan gol, saya tahu ketika bola akan bersarang dan itulah setengah dari pertempuran," kata Neville yang mantan pemain timnas Inggris kepada radio BBC.

"Kami telah berlatih adu penalti sepanjang minggu. Manajer hanya menyuruh kami menendang sekeras mungkin," katanya seperti dikutip AFP.

Neville mengatakan dia berhafrap kemenangan ini akan menghidupkan kembali peluang Everton di Liga Premier di mana mereka hanya tiga poin di atas zona degradasi.

Kemenangan ini sendiri menjadi spesial untuk Everton mengingat mereka pernah ditaklukan Chelsea pada final 2009.

Sebaliknya bagi Chelsea, kekalahan ini melukai mereka. Mereka tertinggal jauh 12 poin dari pemuncak klasemen Liga Premier Manchester United sehingga satu-satunya peluang mereka kini adalah perjalannya di Liga Champions.

Chelsea yang ditahan seri 1-1 oleh Everton pada laga pertama di Goodison Park mendominasi sepanjang 90 menit pertandingan namun tidak mampu mengonversi peluang-peluang mereka menjadi gol.

Di pertandingan Piala FA lainnya, Stoke City menempatkan dirinya di babak perempatfinal setelah menang 3-0 dari pemimpin League One (divisi tiga) Brighton di Britannia Stadium.

Ketiga gol diciptakan John Carew, Jon Walters dan Ryan Shawcross.

Sementara itu Birmingham, juga maju ke perempatfinal dengan kemenangan 3-0 atas tim League One Sheffield Wednesday di St Andrews.

2 gol pertama Birmingham dicetak hanya dalam kurun 17 menit oleh Jean Beausejour dan Obafemi Martins, lalu disempurnakan oleh David Murphy menjadi 3-0.

Dini hari ini di Old Trafford, akan bertanding tim super Manchester United melawan tim  amatir Crawley Town. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011